TPU Karet Bivak Meniadakan Ziarah Kubur pada 12-16 Mei 2021

TPU Karet Bivak Meniadakan Ziarah Kubur pada 12-16 Mei 2021
TPU Karet Bivak. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
JAKARTA | 12 Mei 2021 16:32 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Pengelola Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, meniadakan aktivitas ziarah kubur pada 12-16 Mei 2021 sesuai kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memutus rantai penularan COVID-19.

"Kami menutup seluruh akses masuk termasuk menutup gerbang utama serta memasang spanduk mengenai larangan ziarah kubur untuk sementara ini," kata Helmi, petugas keamanan TPU Karet Bivak yang ditemui di lokasi dilansir Antara, Rabu (12/5).

Kalau ada orang yang melaksanakan aktivitas ziarah maka akan diarahkan untuk keluar kawasan pemakaman sekaligus memberikan pemahaman terkait dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang melarang aktivitas ziarah sementara ini untuk memutus penularan COVID-19.

Akses ke dalam pemakaman TPU Karet Bivak, menurut Helmi, hanya tersedia menuju kantor pengelola di bawah Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat yang tetap buka untuk memberikan pelayanan apabila ada warga yang meninggal dunia.

Pantauan Antara TPU Karet Bivak terlihat sepi dari masyarakat yang akan berziarah yang biasa terjadi saat H-1, Lebaran, hingga H+1, termasuk pedagang yang biasa berjualan di area pemakaman juga tidak terlihat.

Di permakaman hanya terlihat petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) baik yang bekerja sebagai petugas kebersihan maupun petugas pemakaman.

Di perkantoran pengelola TPU Karet Bivak juga terlihat sepi hanya seorang petugas administrasi yang akan memberikan pelayanan apabila ada warga yang akan melakukan pemakaman.

Pengelola TPU Karet Bivak juga mendirikan posko pengamanan di pintu masuk untuk mengawasi orang-orang yang berkunjung agar jangan sampai masuk ke area pemakaman.

"Tujuan kita untuk mencegah terjadinya kerumunan sesuai kebijakan Pemprov DKI Jakarta," kata Helmi.

Pengamanan TPU Karet Bivak dilaksanakan 24 jam selama periode pelarangan ziarah yang petugasnya dibagi menjadi dua sif masing-masing tiga orang. (mdk/ray)

Baca juga:
Pemprov DKI Jakarta Larang Ziarah Kubur Saat Lebaran
Cegah Kerumunan, Wagub DKI Minta Masyarakat Tak Ziarah Kubur saat Lebaran
Jelang Ramadan, TPU Khusus Covid-19 di Srengseng Sawah Didatangi Peziarah
Jelang Ramadan, Peziarah Kunjungi Makam Covid-19 Pondok Ranggon
Berziarah ke Makam Korban Covid-19 Jelang Ramadan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami