Tukang bakso sampai rapper dukung Jokowi

Tukang bakso sampai rapper dukung Jokowi
JAKARTA | 20 Maret 2012 14:08 Reporter : Al Amin

Merdeka.com - Pilgub DKI Jakarta periode ini dipastikan berjalan seru. Jika lima tahun lalu hanya ada dua pasang calon, yaitu Fauzi Bowo-Prijanto dan Adang Daradjatun-Dani Anwar, kali ini ada enam pasang calon yang siap berlaga.

Empat pasangan yang maju melalui partai adalah Alex Noerdin-Nono Sampono (diusung tiga partai yaitu Golkar, PPP, dan PDS), Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (diusung Demokrat, PKB-PAN, dan Hanura), Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini (PKS), Joko Widodo-Basuki T Purnama alias Ahok (PDI Perjuangan dan Gerindra). Sedangkan dua pasangan maju melalui jalur independen yaitu Faisal Basri-Biem Benyamin dan Hendarji Supandji-Ahmad Riza.

Banyaknya jumlah pasangan, tentu memberikan keragaman buat warga Jakarta yang akan memilih. Di antara keenamnya, pasangan mana yang mulai mendapatkan sambutan baik bagi warga Jakarta?

Seorang karyawan swasta bernama Anggie (25) mendukung pencalonan pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini. Dia menilai Hidayat adalah sosok yang sederhana.

"Dulu selama jadi ketua MPR lumayan nggak bikin masalah, sederhana pula," kata Anggie saat berbincang dengan merdeka.com, Selasa (20/3).

Meski kagum dengan Hidayat, ternyata Angie memiliki opsi berikutnya. Dia juga menaruh simpati pada sosok Jokowi yang duet bersama Basuki T Purnama (Ahok).

"Jokowi sih bagus ya, kelihatan dari daerah yang sudah dia pimpin di Solo sana," tambahnya.

Tak hanya Angie, seorang wanita bernama Desty Andria yang bekerja sebagai graphic designer juga setuju jika Jokowi-Ahok memimpin Jakarta sampai lima tahun ke depan.

"Saya terkesan sama Jokowi-Ahok karena kepemimpinan Jokowi saat menjabat di Solo. Selain itu kebijakan-kebijakan dia yang tidak hanya money oriented, low profile & berorientasi maju. Orangnya juga sepertinya teguh prinsip. Tapi kalau pasangannya saya nggak begitu kenal," cerita wanita 28 tahun itu.

Seorang pengajar di salah satu sekolah swasta di kawasan Jakarta Pusat bernama Erick Persona Nugraha, juga lebih tertarik pada pasangan Hidayat Nur Wahid (HNW)-Didik J Rachbini dan Jokowi-Ahok. Alasannya, kedua pasangan tersebut memiliki track record yang cukup baik di mata masyarakat.

"HNW itu lebih religius dan Jokowi dengan gebrakan sistem-sistem yang dibuat," ungkap pria 28 tahun itu.

Namun, Erick juga setuju dengan pencalonan melalui jalur independen. Independen tersebut menunjukkan bahwa saat ini warga Indonesia khususnya DKI Jakarta semakin demokrasi.

"Calon independen dapat menjadi alternatif terhadap calon partai yang kerap tidak berpihak kepada masyarakat DKI dan lebih bekerja untuk partai. Untuk pasangan Faisal Biem, terlebih dikenal sebagai sosok yang cukup idealis," jelasnya.

Joko Priyono, warga Solo yang telah memiliki KTP DKI Jakarta juga siap memilih pasangan Jokowi-Ahok. Pria 30 tahun ini, tidak meragukan lagi kepemimpinan Jokowi.

"Karena saya orang Solo ya saya pilih pasangan Jokowi - Ahok. Misi dan visi Pak Jokowi kuat. Dan sudah berhasil di daerahnya, Solo. Saya yakin dia bisa menang di Jakarta," ucap Joko yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai swasta ini.

Kalangan pekerja kreatif di Jakarta ternyata malah mendukung pasangan independen Faisal-Biem.

"Kita tahu DKI bakal ada Pilkada, mereka lah pasangan yang sudah ada tidak seperti pasangan lain yang masih cari-cari temen buat dipasangin bahkan ada yang bongkar pasang," kata Kojekz (26) yang sehari-harinya berprofesi sebagai rapper.

Seorang pedagang bakso keliling bernama Joni (27) juga mendukung pasangan Jokowi-Ahok. Joni menilai kebijakan Jokowi lebih merakyat.

"Pak Jokowi itu programnya berpihak kepada pedagang kecil seperti saya ini. Harapan saya sih, Pak Jokowi bisa menang di pemilihan gubernur ini," harapnya.

Melihat tanggapan warga Jakarta yang berasal dari berbagai profesi ini, mungkinkah pasangan Jokowi-Ahok bisa keluar sebagai pemenang? (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami