Upaya Merawat Budaya Betawi agar Tak Punah
JAKARTA | 13 Januari 2019 10:01 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Festival Seni Budaya Betawi digelar di Jalan Raya Pulo Tanjung RT 6 RW 15, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kegiatan tahunan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. Khusus generasi muda dapat melestarikan warisan nenek moyang dan memperkenalkannya secara lebih luas.

Berbagai macam seni budaya Betawi seperti tarian ondel ondel, lenong Betawi, gambang kromong dan pencak silat ditampilkan. Digelar juga bazar rakyat dengan aneka kuliner khas Betawi seperti kerak telor, bir pletok, dan dodol.

Lurah Grogol Utara, Jumadi mengatakan, dengan adanya festival seni dan budaya Betawi dapat mempererat silaturahmi sesama warga. "Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk semua masyarakat, sehingga mereka tidak lupa akan warisan leluhur," katanya, Minggu (13/1).

Ketua Forum RT/RW dan Lembaga Masyarakat Kelurahan, Ucu Swartha menambahkan kegiatan ini dapat menggali potensi seni di setiap wilayah. "Kita memang melibatkan warga dalam festival ini. Warga juga berjualan kuliner khas Betawi," tuturnya.

Hadir dalam acara ini Camat Syaid, Danramil Mayor Infantri Iswanto, Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Sujanto, seluruh ketua RT/RW, tokoh masyarakat dan agama.

Baca juga:

Melestarikan Budaya Melalui Patung

Melihat Progres Pembangunan Rumah Betawi di Setu Babakan

Sambut Pergantian Tahun, Pemkot Jakarta Selatan Gelar Parade Betawi

Ngarot, Tradisi Gadis Indramayu Sambut Musim Tanam Padi

Menengok Pembuatan Kain Tenun Sumba di Desa Adat Prailiu

Terhormat Diberi Gelar Adat Melayu Riau, Jokowi Janji Lestarikan Budaya Indonesia

(mdk/ded)