UPT Monas Sebut Penebangan Pohon Tanggung Jawab Dinas Cipta Karya DKI

UPT Monas Sebut Penebangan Pohon Tanggung Jawab Dinas Cipta Karya DKI
JAKARTA | 23 Januari 2020 00:31 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Monumen Nasional (Monas) Isa Sanuri lepas tangan atas penebangan pohon dalam revitalisasi Monas. Dia menyebut, penebangan pohon tersebut merupakan tanggung jawab Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta.

"Untuk tanaman sebagian direlokasi ke bagian barat. Ada sih beberapa yang rapuh ditebang. Tapi, kan nanti diganti lagi sama penanaman pohon yang baru. Jumlah, sudah diperhitungkan juga. Untuk yang dipotong tanyakan Dinas Citata," katanya saat dihubungi, Rabu (22/1).

Dia menambahkan, pohon yang sebelumnya di sisi selatan Monas dan memiliki batang yang masih kokoh. Namun pohon buah-buahan sudah dipindahkan ke sisi barat.

"Yang layak ditanam kembali, seperti pohon buah ceremai, belimbing, itu ditanam lagi ya wajar karena biasanya pohon buah batangnya kuat," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Menurut Isa, relokasi tanaman-tanaman itu sudah dilakukan sejak November 2019 di saat yang sama dirinya baru menjabat jabatan Kepala UPT Monas.

"Pemindahannya sudah dari November, itu pun saya baru mulai kerja di sini (Monas)," terangnya seperti dilansir dari Antara.

Revitalisasi Monas diketahui saat ini memasuki tahapan revitalisasi pertama di bagian selatan dengan tujuan membangun Plaza Selatan yang berkonsep semi amphiteater. (teater ruang terbuka)

Untuk menghadirkan Plaza Selatan, Dinas Citata DKI dikabarkan memotong sebanyak 190 pohon di kawasan tersebut. (mdk/fik)

Baca juga:
Revitalisasi Monas Belum Izin Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka
Pemprov DKI Sebut Revitalisasi Monas Tak Perlu Izin Kemensesneg
Belum Minta Izin ke Kemensetneg, DPRD DKI Minta Revitalisasi Monas Disetop Sementara
Revitalisasi Monas Molor, Kontraktor Dikenakan Sanksi Denda
Pemprov DKI Pastikan Pemenang Tender Revitalisasi Monas Bukan Abal-abal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami