Wagub DKI Ajak Peserta Didik & Pengajar Tetap Tangguh di Masa Pandemi Covid-19

Wagub DKI Ajak Peserta Didik & Pengajar Tetap Tangguh di Masa Pandemi Covid-19
JAKARTA | 13 Juli 2020 16:13 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak seluruh peserta didik, pengajar tetap tangguh di masa pandemi Covid-19. Terlebih lagi, pertama kalinya, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh.

Ajakan tersebut disampaikan Riza saat mengisi acara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) secara online.

"Diharapkan (kondisi saat ini) dapat menumbuhkan semangat baru bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dalam masa PSBB transisi, serta terbangunnya kolaborasi antara satuan pendidikan dengan orangtua peserta didik," pesan Riza, Senin (13/7).

Ia juga berharap kegiatan MPLS dan MATSAMA dapat memotivasi dan membangun komunikasi dalam membangun kolaborasi yang tangguh dengan mencapai pendidikan yang tuntas dan berkualitas untuk semua pihak.

Diketahui, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Pendidikan Nomor 467 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 dan kesiapan dimulainya kegiatan belajar dan mengajar, Tahun Pelajaran kali ini berbeda dengan Tahun Pelajaran sebelumnya.

Pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar dan mengajar di DKI Jakarta dilakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejak 16 Maret 2020. Memasuki Tahun Pelajaran 2020/2021 di tengah pandemi, PJJ tetap diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar.

1 dari 1 halaman

Oleh karena itu, Riza meminta seluruh jajaran yang terlibat pada kegiatan MPLS dan MATSAM untuk senantiasa berpegang teguh pada prinsip dan tujuan, serta disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

"Hal itu karena pandemi Covid-19 belum berakhir dan kasus Covid-19 semakin bertambah dari waktu ke waktu," tuturnya.

Meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, ia berpesan kepada setiap peserta didik untuk tetap semangat sebagai generasi penerus masa depan bangsa.

Untuk waktu pelaksanaan MPLS dan MATSAMA Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 diadakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 Juli 2020, dengan waktu pelaksanaan yang disesuaikan menurut jenjang pendidikannya. Informasi lengkap pelaksanaan MPLS dan MATSAMA dapat diakses pada portal Siap Belajar Jakarta (siapbelajar.jakarta.go.id).

Kegiatan tersebut diikuti pula oleh 500 peserta, di antaranya adalah Komisioner KPAI; Sekda Provinsi DKI Jakarta, Saefullah; Deputi Gubernur Bidang Kependudukan dan Pengendalian Permukiman Provinsi DKI Jakarta, Sri Suhartini; dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Saiful Mujab. (mdk/fik)

Baca juga:
Gubernur Wahidin Halim: Tahun Ajaran Baru di Banten Terpantau Lancar
Disdik Aceh: 413 Sekolah Mulai Belajar Tatap Muka
Sekolah di Zona Hijau Diizinkan Dibuka, Pelajar Harus Patuhi Protokol Kesehatan
Pemerintah Pertimbangkan Buka Sekolah di Zona Kuning Covid-19
Hari Pertama Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi
Tes Penentuan Kelas Tahun Ajaran Baru

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami