Wagub DKI Beberkan Program Pengendalian Banjir Jakarta yang Dinilai Sukses

Wagub DKI Beberkan Program Pengendalian Banjir Jakarta yang Dinilai Sukses
Wagub DKI Ahmad Riza Patria. ©2020 Merdeka.com
JAKARTA | 13 Februari 2021 12:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, berbagai upaya pencegahan dan pengendalian banjir telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Hasilnya, pria akrab disapa Ariza ini mengklaim, hingga hari ini tidak ada banjir atau genangan yang parah di Jakarta. Meskipun Ibukota sudah memasuki musim penghujan.

“Perlu kami sampaikan juga Alhamdulillah, sampai hari ini tanggal 13 Februari 2021 DKI Jakarta di seluruh wilayah, di Jakarta Utara dan lainnya kita bisa melakukan upaya pencegahan dan pengendalian banjir, dengan berbagai program yang sudah kita canangkan,” kata Ariza di Jakarta Utara, Sabtu (13/2).

Ariza membeberkan program pencegahan banjir apa saja yang telah dilakukan Pemprov DKI. Di antaranya normalisasi dan naturalisasi sungai.

“Selain normalisasi, naturalisasi, kemudian pompa, pembuatan folder dan gerebek lumpur, pengerukan sungai waduk, situ, embung, membuat sodetan, olakan, ini ternyata Alhamdulillah membantu kita semua mengurangi banjir dan cepatnya genangan air turun,” ucapnya.

Ariza menyebut, target Pemprov DKI masih sama yakni genangan harus surut dalam waktu enam jam.

“Sebagaimana yang disampaikan Pak Gubernur kita punya target tidak boleh ada genangan yang melebihi dari 6 jam. Alhamdulillah dalam waktu singkat hujan lebat, banjir tapi bisa segera surut. Ini berkat dukungan kita semua dari masyarakat dan kita semua. Mudah-mudahan di tahun ini kita dapat mengendalikan banjir dan terbebas,” ucapnya.

Politikus Gerindra itu meminta dukungan masyarakat agar menjaga kebersihan dan sampah.

“Tentu semuanya butuh dukungan dari masyarakat di samping kita minta masyarakat untuk terus tidak membuang sampah sembarangan, ikut membantu membersihkan lingkungan sekitar temoat tinggal, selokan dan sebagainya. Semoga sinergi ini bisa terus kita tingkatkan dan lanjutkan dalam skala yang lebih besar,” tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com (mdk/rnd)

Baca juga:
CEK FAKTA: Hoaks Banjir Warna-Warni di Jakarta
CEK FAKTA: Disinformasi Banjir Tenggelamkan 70 Persen Wilayah DKI Jakarta
Wagub DKI: Program Normalisasi Sungai Masih Berjalan
Wagub DKI: Normalisasi Sungai Tetap Ada di RPJMD, Tolong Baca Lebih Teliti
PDIP Sebut Program Naturalisasi Sungai Cuma Menyiksa Warga Jakarta
RPJMD Masih Dibahas, Pemprov DKI Bantah Hapus Program Normalisasi Sungai

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami