Wagub DKI Minta Warga di 82 Kelurahan Pinggiran Ciliwung Siaga Banjir

Wagub DKI Minta Warga di 82 Kelurahan Pinggiran Ciliwung Siaga Banjir
Banjir di Jatinegara. ©2020 Merdeka.com
JAKARTA | 22 September 2020 15:27 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut ada 82 kelurahan yang dilintasi langsung Kali Ciliwung. Untuk itu, dia meminta masyarakat setempat siaga terhadap anomali cuaca.

Dia menyebut anomali cuaca lantaran saat ini sulit memprediksi curah hujan dan bencaba alam lainnya. Misalnya saja, kata dia, umumnya Jakarta mengalami banjir di akhir tahun. Namun peristiwa itu justru terjadi pada September.

"Kami minta masyarakat untuk bersiap ada 82 kelurahan yang dilalui sungai Ciliwung yang dimungkinkan nanti terjadi genangan di sekitar sungai Ciliwung, karena itu kita minta masyarakat bersiap di musim hujan apalagi terjadi anomali di beberapa negara ada terjadi banjir disertai badai. Ada percepatan biasanya banjir di Jakarta terjadi di akhir Desember, Januari hingga sampai Maret ada percepatan untuk itu jadi masyarakat harus bersiap," ujar Riza, Selasa (22/9).

Riza menuturkan, pihaknya juga telah menyiapkan tenda-tenda pengungsian. Jumlahnya dua kali lipat dari tahun-tahub sebelumnya. Dia menjelaskan tambahan jumlah pengungsian mengingat di situasi pandemi Covid-19 harus menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menjaga jarak fisik.

"Kami juga sudah menyiapkan titik-titik jumlah penampungan yang jumlahnya dua kali lipat karena ini masa pandemi Covid jadi kita tetap memperhatikan Protokol Covid kemudian juga jajaran kami sudah siap," ujar dia.

Politikus Gerindra itu juga mengingatkan agar masyarakat pinggiran Kali Ciliwung menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Selanjutnya: Sementara itu berdasarkan data dari...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami