Wagub DKI: Ternyata Jakarta Timur Paling Sering Dilanda Banjir

Wagub DKI: Ternyata Jakarta Timur Paling Sering Dilanda Banjir
JAKARTA | 28 Juni 2020 19:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau enam waduk di Jakarta Timur pada Minggu (28/6). Enam titik waduk di Jakarta Timur yang ditinjau tersebut adalah Waduk Cimanggis, Cibubur; Waduk Pondok Ranggon, Cipayung; Embung Kampung Dukuh, Kramat Jati; Waduk Banjir Kanal Timur; Waduk Ujung Menteng; dan Waduk Ria-Rio, Pulo Gadung.

Usai meninjau waduk, Riza Patria menyatakan wilayah Timur Jakarta adalah yang paling sering dilanda banjir. Pemprov DKI berjanji menangani tata kelola air. Sebagai bagian dari penanganan banjir. Dia mengajak sektor swasta terlibat di dalamnya.

"Ternyata, banjir yang paling banyak itu di wilayah Jakarta Timur. Masyarakat mungkin menyangka di Utara, di Barat, tapi yang paling banyak banjir itu di Jakarta Timur," jelas Riza Patria di Waduk Cimanggis.

Mengenai pembiayaan, khususnya untuk pembangunan dan perbaikan fasilitas waduk dan penambahan pompa, Wagub berencana menggunakan skema anggaran multitahun (multiyears). Selain itu, Pemprov DKI akan bekerja sama dengan Pemerintah Pusat. Dasarnya Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur yang telah disahkan pada April 2020 silam.

"Kami akan bekerja sama dengan Pemerintah Pusat ya. Karena, tidak mungkin dibebankan seluruhnya masalah banjir mulai dari pembebasan lahan, normalisasi, naturalisasi, waduk, sungai, pedestrian, semua dibebankan pada APBD. Butuh bantuan dari pusat dan swasta lainnya. Terkait anggaran, memang yang dibutuhkan sangat besar," jelasnya.

Meski penanganan dan pencegahan banjir menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat, namun dia juga berharap dukungan dari masyarakat. Terutama mengurangi kebiasaan membuang sampah sembarangan ke sungai atau aliran air lainnya.

Menurutnya, jika kebiasaan membuang sampah sembarangan bisa dihilangkan, maka berdampak signifikan bagi pencegahan banjir di Jakarta.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi sungai-sungai di Jakarta yang kotor atau bau. Pak Gubernur sudah membuat visi-misi, Maju Kotanya Bahagia Warganya. Kalau daerah sekitar waduk bersih, di sini akan menjadi taman yang indah. Di sini masyarakat akan senang," tutupnya.


Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com (mdk/noe)

Baca juga:
Dua Situ di Kabupaten Bekasi Disiapkan untuk Cegah Banjir Jakarta
Banjir Rob Rendam Perumahan Pantai Mutiara Akibat Tanggul Jebol
Kondisi Tanggul Jebol di Perumahan Pantai Mutiara
BPBD DKI: Tanggul Jebol, 3 RW di Pluit Terendam Banjir Rob
Banjir Rob Rendam Pesisir Jakarta
Wajah Ceria Anak-anak Bermain di Genangan Banjir Rob

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami