Wagub Riza Minta Pemudik Tidak Bawa Orang Baru ke Jakarta

Wagub Riza Minta Pemudik Tidak Bawa Orang Baru ke Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. ©2020 Liputan6.com/Herman Zakharia
JAKARTA | 17 Mei 2021 10:39 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengingatkan para pemudik jangan membawa orang baru saat kembali ke Jakarta, apalagi yang tidak memiliki pekerjaan. Riza menyebutkan kondisi Jakarta saat ini sudah sangat padat, terlebih dampak pandemi Covid-19 menjadi beban tersendiri bagi Ibu Kota.

"Jadi kami juga mohon maaf bagi yang kembali ke Jakarta, untuk tidak membawa, seperti tahun-tahun selama ini, dari dulu setiap habis Lebaran itu yang pulang kampung membawa temannya, saudaranya ke Jakarta," ujar Riza di Balai Kota, Senin (17/5).

Politikus Gerindra itu mengatakan, saat ini seluruh provinsi sedang berupaya maksimal untuk menciptakan lapangan pekerjaan, untuk menekan kaum urban di Jakarta. Sehingga warga kampung seyogyanya bisa memaksimalkan potensi mereka untuk menciptakan peluang usaha. Di masa serba teknologi, justru menurut Riza peluang usaha akan banyak bermunculan tanpa harus datang ke Jakarta.

"Kita bekerja di tempat kita masing-masing di kampung kita masing-masing, banyak sekali yang bisa kita kerjakan, tidak semua harus bekerja di Jakarta, apalagi di masa pandemi ini ada varian baru dari Afrika Selatan, dari Inggris dari India. Jadi mari kita lebih berhati-hati," tandasnya.

Sebelumnya Pelaksana tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Budi Awaludin mengatakan berdasarkan data pada situs datawarga-dukcapil.jakarta.go.id, hingga 16 Mei pukul 07.00 WIB, sebanyak 1.124 warga datang ke Jakarta pada periode arus balik mudik. Dari jumlah tersebut 237 bukan ber-KTP DKI.

"Mulai kemarin (pendataan) , kalau data per pagi ini, jam 07.00 WIB, totalnya 1.124 warga, jumlah warga DKI 887 dan warga non-DKI 237 orang," katanya. (mdk/lia)

Baca juga:
21.951 Kendaraan Tinggalkan Surabaya pada H+1 Lebaran
30 Ribu Alat Tes Covid 19 Disiapkan untuk Pemudik yang Balik ke Bekasi
Masih Pandemi Covid-19, Pemprov DKI Larang Perantau Mengadu Nasib di Jakarta
72 Orang Reaktif Covid dari 13.675 Sampel Acak di Pos Penyekatan
Kakorlantas Sebut Puncak Arus Balik Arah Jabodetabek Belum Terjadi
Tunjukkan Jalan Tikus ke Pemudik, Dua Pria Lumajang Justru Bernasib Sial

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami