10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Perhatikan Konsumsi Harian

10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Perhatikan Konsumsi Harian
Ilustrasi Kaki Bengkak. ©health.usnews.com
JATENG | 22 Agustus 2020 11:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, setiap wanita hamil akan mengalami perubahan fisik yang signifikan. Bukan hanya bagian perut yang semakin lama akan membesar, tetapi beberapa bagian tubuh lain juga mendapatkan gejala perubahan tertentu. Mulai dari perubahan pada berat badan, payudara, hingga bisa timbul kondisi kaki yang membengkak.

Dari beberapa gejala kehamilan tersebut, gangguan kaki bengkak memang umum terjadi bagi sebagian wanita atau ibu hamil. Gejala kaki bengkak ini bisa muncul di setiap trimester kehamilan. Namun penyebab yang terjadi di tiap trimesternya cenderung berbeda-beda.

Biasanya, pada trimester pertama munculnya kaki bengkak disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progresteronyang begitu cepat. Hormon ini membuat sistem kerja pencernaan menjadi lambat sehingga dapat mengakibatkan perut kembung hingga kaki, tangan atau wajah yang sedikit terlihat bengkak.

Sementara, munculnya kaki bengkak yang terjadi pada usia kehamilan trimester kedua umumnya disebabkan oleh meningkatnya volume darah dan cairan tubuh. Begitu pula pada trimester ketiga, tubuh ibu hamil akan memproduksi darah dan cairan di dalamnya sehingga akan menyebabkan pembengkakan. Meskipun demikian, produksi darah dan cairan dalam tubuh ini diperlukan setiap ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran janin.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika mendapatkan gejala ini di tengah masa kehamilan. Ini merupakan kondisi umum yang tidak berbahaya, hanya saja menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun Anda juga bisa melakukan beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil untuk meringankan gejalanya.

Dilansir dari situs Healthline, berikut kami telah merangkum beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil secara alami yang bisa menjadi rekomendasi Anda.

Baca Selanjutnya: Kurangi Asupan Natrium...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami