10 Manfaat Susu Kunyit bagi Kesehatan, Lawan Penyakit Jantung hingga Kanker

10 Manfaat Susu Kunyit bagi Kesehatan, Lawan Penyakit Jantung hingga Kanker
Ilustrasi susu kunyit. ©Shutterstock
JATENG | 12 Oktober 2021 17:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Kunyit merupakan salah satu tanaman rimpang yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari. Rimpang berwarna kuning terang ini dapat memberikan warna kuning alami dan cita rasa khas pada makanan. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga sering diolah menjadi minuman herbal yang sehat dan menyegarkan.

Salah satu minuman herbal berbahan kunyit yang cukup populer adalah susu kunyit. Susu kunyit atau biasa disebut juga dengan golden milk merupakan minuman herbal yang mencampurkan dua bahan utama, yaitu kunyit dengan susu. Minuman ini berasal dari negara India, kemudian semakin populer di budaya barat.

Selain dibuat dari bahan kunyit dan susu, minuman ini juga sering menambahkan campuran rempah lainnya seperti kayu manis dan jahe. Perpaduan berbagai bahan rempah ini tentu memberikan cita rasa yang lezat dengan sensasi yang hangat. Tidak hanya lezat, minuman tradisional ini ternyata juga mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Diketahui, manfaat susu kunyit bagi kesehatan dapat mengurangi radang sendi, meningkatkan memori dan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, hingga mengurangi risiko kanker. Bukan hanya itu, konsumsi susu kunyit juga dinilai dapat meningkatkan suasana hati yang lebih baik. Jika Anda ingin mencoba ramuan herbal yang lezat dan berkhasiat, konsumsi susu kunyit bisa menjadi pilihan Anda.

Melansir dari Healthline, berikut kami merangkum beberapa manfaat susu kunyit bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kunyit : Mengurangi Peradangan hingga Meningkatkan Memori Otak

kunyit
©Shutterstock

Kaya Antioksidan

Manfaat susu kunyit bagi kesehatan yang pertama didapatkan dari kandungan antioksidan. Dalam hal ini, bahan utama kunyit mempunyai kandungan kurkumin yang terkenal dengan sifat antioksidan tinggi.

Kandungan ini dapat bekerja melawan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari stres oksidatif. Berdasarkan penelitian, konsumsi makanan atau minuman yang kaya antioksidan dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan penyakit. Manfaat ini tentu bisa Anda dapatkan dengan konsumsi susu kunyit secara rutin.

Mengurangi Peradangan dan Nyeri Sendi

Manfaat susu kunyit berikutnya dapat mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Bahan-bahan rempah yang digunakan pada minuman susu kunyit mempunyai sifat anti inflamasi kuat yang dapat mengurangi berbagai gejala peradangan.

Bahkan dikatakan, konsumsi minuman ini dapat mengurangi gejala peradangan kronis seperti kanker, sindrom metabolik, Alzheimer dan penyakit jantung. Bukan hanya itu, senyawa kurkumin pada kunyit juga dapat mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Jika Anda memiliki gangguan nyeri sendi, konsumsi susu kunyit bisa menjadi pengobatan alternatif yang patut dicoba.

Meningkatkan Memori dan Fungsi Otak

Manfaat susu kunyit bagi kesehatan juga dapat meningkatkan memori dan fungsi otak. Berdasarkan penelitian, kandungan kurkumin pada kunyit dapat meningkatkan kadar neurotropik yang diturunkan dari otak. Senyawa dalam otak ini bertugas untuk membentuk koneksi baru dan mendorong pertumbuhan sel-sel otak.

Produksi kadar neurotropik yang rendah sering kali dikaitkan dengan gangguan otak, termasuk penyakit Alzheimer. Dengan begitu, konsumsi susu kunyit secara rutin dapat membantu meningkatkan memori dan sistem kerja otak yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kunyit : Meningkatkan Mood hingga Menurunkan Gula Darah

kunyit
©Shutterstock

Meningkatkan Suasana Hati

Mampu meningkatkan suasana hati atau mood juga termasuk salah satu manfaat susu kunyit bagi kesehatan yang tak kalah menarik. Lagi-lagi, manfaat ini didapat dari kandungan kurkumin pada kunyit.

Kandungan ini diketahui dapat berfungsi memperbaiki suasana hati secara efektif bagi penderita gangguan depresi mayor. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat meningkatkan kadar neurotropik pada otak yang mampu mengurangi risiko depresi serta berbagai gangguan otak lainnya.

Melawan Penyakit Jantung

Manfaat susu kunyit bagi kesehatan juga dapat melawan penyakit jantung. Dalam hal ini, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat susu kunyit, seperti kayu manis, jahe, dan kunyit, mempunyai kandungan khusus yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan kurkumin pada kunyit juga terbukti meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah atau fungsi endotel dengan baik. Ini merupakan fungsi penting yang mendukung kesehatan jantung dan sistem kerjanya secara optimal. Sifat anti inflamasi dan antioksidan pada kunyit juga dapat melindungi jantung dari berbagai risiko penyakit yang dapat menyerang.

Menurunkan Kadar Gula Sarah

Manfaat susu kunyit selanjutnya dapat menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan penelitian, bahan kayu manis, jahe, dan kunyit pada susu kunyit dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara efektif.

Dalam hal ini, kayu manis dapat berapa banyak glukosa yang diserap di usus yang selanjutnya dapat meningkatkan kontrol gula darah. Sedangkan jahe dapat bekerja menurunkan kadar hemoglobin A1C hingga 10%. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat temuan ini.

4 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kunyit : Mencegah Kanker hingga Memperkuat Tulang

kunyit
©Shutterstock

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat susu kunyit bagi kesehatan yang tak kalah penting dapat mengurangi risiko kanker. Seperti diketahui, bahan-bahan rempah memang memiliki berbagai khasiat yang dapat melawan penyakit kanker. Termasuk bahan-bahan utama pada susu kunyit, seperti jahe, mempunyai senyawa aktif yang berperan sebagai anti kanker.

Selain itu, kayu manis juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Bahkan kandungan kurkumin pada kunyit, merupakan bahan aktif yang berfungsi membunuh sel kanker secara efektif. Tidak heran, jika konsumsi susu kunyit dikaitkan dengan risiko penyakit kanker yang lebih rendah.

Antibakteri, Antivirus, Antijamur

Manfaat susu kunyit bagi kesehatan selanjutnya sebagai antibakteri, antivirus, dan antijamur. Di India, minuman herbal susu kunyit sering dikonsumsi untuk melawan penyakit pilek. Ternyata, setelah diteliti, minuman ini mempunyai sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur dan dapat melawan dan membantu mencegah berbagai infeksi.

Bukan hanya itu, susu kunyit juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk bakteri yang menyerang sistem pernapasan. Lebih dari ikut, konsumsi susu kunyit sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lebih baik.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Berikutnya, manfaat susu kunyit bagi kesehatan juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Bahan utama dalam susu kunyit seperti jahe, terbukti dapat membantu mempercepat pengosongan lambung pada orang yang menderita dispepsia. Selain itu, bahan kunyit juga dapat membantu mengurangi berbagai gangguan pencernaan secara efektif.

Bahkan kunyit dapat mendukung melancarkan pencernaan lemak dengan meningkatkan produksi empedu hingga 62%. Berdasarkan penelitian, konsumsi susu kunyit terbukti efektif mengurangi gejala dan mencegah berbagai gangguan pencernaan, termasuk kolitis ulserativa.

Memperkuat Tulang

Manfaat susu kunyit bagi kesehatan yang terakhir namun tak kalah penting yaitu dapat memperkuat tulang. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan vitamin D yang terdapat ada susu sapi maupun susu nabati. Kandungan ini bekerja membangun dan memelihara tulang yang kuat.

Selain itu, vitamin D juga berkontribusi meningkatkan kemampuan usus untuk menyerap kalsium dari makanan dengan lebih baik. Dengan begitu, konsumsi susu kunyit secara rutin dapat mencegah berbagai risiko gangguan tulang di usia lanjut.

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami