10 Penyebab Kemiskinan Secara Global, Kurangnya Pekerjaan Hingga Perubahan Iklim

10 Penyebab Kemiskinan Secara Global, Kurangnya Pekerjaan Hingga Perubahan Iklim
Ilustrasi kemiskinan. ©2019 Merdeka.com/Pixabay
JATENG | 31 Juli 2020 18:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Kemiskinan masih menjadi masalah utama di berbagai negara. Biasanya, kondisi ini banyak ditemui di negara-negara berkembang. Di mana sebagian masyarakatnya masih belum mempunyai kelayakan tempat tinggal, akses pendidikan yang belum terpenuhi secara menyeluruh, hingga banyaknya penduduk yang belum memiliki pekerjaan.

Beberapa hal tersebut, memang menjadi salah satu penyebab kemiskinan yang sering terjadi di berbagai negara. Jika masalah kemiskinan tersebut tidak segera dituntaskan, maka kualitas kehidupan masyarakat dapat semakin menurun. Dengan begitu, tidak heran jika kemiskinan menjadi masalah utama yang menjadi fokus pemerintah di berbagai negara, terutama negara berkembang.

Dalam mengatasi masalah kemiskinan, pemerintah maupun masyarakat harus memahami terlebih dahulu hal apa saja yang menjadi penyebab kemiskinan. Penyebab kemiskinan ini pun tidak hanya berasal dari beberapa alasan yang telah disebutkan di atas. Melainkan juga mendapatkan pengaruh dari beberapa hal lain. Mulai dari kualitas kesehatan yang buruk, terjadinya konflik atau kerusuhan, hingga pengaruh dari perubahan iklim yang terjadi.

Dengan memahami beberapa penyebab kemiskinan tersebut, berguna untuk membantu menemukan akar permasalahan yang terjadi. Selain itu, juga dapat membantu menyusun rencana yang baik dan tepat sasaran untuk mengentaskan masalah kemiskinan. Dilansir dari laman Human Right Careers, berikut kami telah merangkum beberapa penyebab kemiskinan secara mendasar yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Kurangnya Lapangan Pekerjaan...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami