11 Manfaat Serai bagi Kesehatan, Atasi Gigi Berlubang hingga Turunkan Berat Badan

11 Manfaat Serai bagi Kesehatan, Atasi Gigi Berlubang hingga Turunkan Berat Badan
Ilustrasi serai. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Singkham
JATENG | 29 Mei 2020 19:49 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Serai merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dalam segala jenis masakan. Biasanya serai ditambahkan untuk membuat aroma masakan lebih sedap dan wangi. Rasanya pun kurang lengkap, jika tanpa menambahkan batang serai ke hidangan masakan yang dibuat.

Selain sebagai penyedap rasa masakan, tanaman rempah serai juga mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Diketahui, serai ini mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi serta zat anti-inflamasi seperti asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin yang dapat bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan. Selain itu, beberapa kandungan serai lainnya juga berguna untuk mengatasi hingga mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi minuman rebusan batang atau daun serai. Selain itu, produk-produk teh herbal dengan campuran serai juga bisa didapatkan di pasaran dengan mudah. Mengonsumsi ramuan herbal serai secara rutin pun dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tahan dari serangan penyakit.

Lalu seperti apa penjelasan manfaat serai bagi kesehatan. Berikut kami telah merangkum beberapa manfaat serai bagi kesehatan yang perlu diketahui.

2 dari 12 halaman

Antioksidan

002 destriyana
©2015 Merdeka.com/shutterstock/Singkham

Manfaat serai bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai zat antioksidan. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung zat antioksidan yang sangat berguna untuk mengurangi senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika dibiarkan begitu saja, senyawa ini akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan bahkan keselamatan nyawa.

Dalam hal ini, kandungan antioksidan jenis asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin dalam serai mampu bekerja melawan senyawa radikal bebas tersebut di dalam tubuh. Kandungan ini juga dapat membantu masalah disfungsi sel yang terjadi di dalam arteri koroner.

3 dari 12 halaman

Antimikroba

Manfaat serai bagi kesehatan yang kedua adalah sebagai zat antimikroba. Zat ini sangat berguna untuk mengobati infeksi mulut dan masalah gigi berlubang. Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam serai juga mampu melawan bakteri Streptococcus mutans, yang menjadi penyebab masalah kerusakan gigi.

Bagi Anda yang menderita masalah ini, coba minum ramuan air rebusan serai secara rutin. Dengan begitu gejala infeksi mulut dan gigi berlubang dapat dengan mudah diminimalisir.

4 dari 12 halaman

Anti-inflamasi

parah© Boldsky.com

Manfaat serai bagi kesehatan selanjutnya yaitu sebagai kandungan anti-inflamasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, serai mempunyai kandungan anti-peradangan yang secara ampuh mengatasi gejala peradangan pada tubuh.

Kandungan ini berupa senyawa citral dan geranial yang bekerja melepaskan dan menghentikan peradangan tertentu di dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk mengobati gejala penyakit flu, sakit tenggorokan, hingga peradangan yang terjadi pada sistem pencernaan.

5 dari 12 halaman

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam batang serai ternyata juga bermanfaat untuk membantu detoksifikasi tubuh dengan baik. Manfaat serai bagi kesehatan yang satu ini mampu melancarkan buang air kecil sehingga secara langsung dapat membersihkan dan membuang kelebihan cairan dan nutrium dalam tubuh.

Selain itu, mengonsumsi ramuan the serai juga dapat membantu merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin.

6 dari 12 halaman

Menjaga Kesehatan Pencernaan

005 tantri setyorini©Remedies For Me

Selain membantu detoksifikasi tubuh, manfaat serai bagi kesehatan selanjutnya juga dapat berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dalam hal ini, konsumsi teh serai dipercaya secara efektif dapat mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Selain itu, kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam daun serai juga bermanfaat membantu melindungi lapisan perut terhadap kerusakan, terutama akibat aspirin dan etanol.

7 dari 12 halaman

Menurunkan Berat Badan

Manfaat serai bagi kesehatan selanjutnya yang cukup mengejutkan adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa minuman rebusan air serai mampu membantu melancarkan proses detoksifikasi tubuh. Hal ini secara otomatis juga mendukung proses metabolisme tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, daun serai juga mempunyai kandungan polifenol yang dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak. Proses ini juga semakin membantu kinerja tubuh dalam upaya penurunan berat badan.

8 dari 12 halaman

Mengurangi Kecemasan

ilustrasi cemas©©2012 Shutterstock/bds

Selanjutnya, manfaat serai bagi kesehatan yang tidak kalah menarik adalah dapat mengurangi kecemasan. Manfaat ini bisa didapatkan ketika mengonsumsi teh serai.

Aroma serai pada minuman tersebut dapat membuat badan dan pikiran lebih rileks sehingga dapat membantu mengurangi kecemasan. Lebih dari itu, aroma sedap pada serai juga mampu membantu tidur lebih nyenyak dan mengatasi gangguan insomnia.

9 dari 12 halaman

Meningkatkan Kadar Sel Darah Merah

Berdasarkan hasil penelitian tahun 2015, minuman infused water dari serai dapat meningkatkan kadar hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Hal ini tentu saja baik untuk membantu produksi sel-sel darah yang dialirkan dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi minuman teh serai secara rutin, dan proses pembentukan sel darah merah pun bisa berjalan dengan lancar.

10 dari 12 halaman

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

ilustrasi hipertensi©CC0 Public Domain

Selain membantu memproduksi sel darah merah, manfaat serai bagi kesehatan yang tidak kalah penting selanjutnya adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Dalam hal ini, kandungan kalium dalam serai dapat diketahui dapat meningkatkan produksi urin dalam tubuh.

Hal ini ternyata dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Serai juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

11 dari 12 halaman

Mengurangi Gejala Haid

Manfaat serai bagi kesehatan berikutnya juga dapat berguna untuk mengurangi gejala haid atau menstruasi pada perempuan. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan serai secara rutin.

Cara ini dinilai ampuh mengatasi kram perut, kembung, dan rasa panas. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam serai juga bermanfaat untuk menenangkan perut, mengurangi peradangan, serta mendinginkan tubuh yang sering muncul sebagai gejala menstruasi.

12 dari 12 halaman

Menyehatkan Kulit

ilustrasi kulit sehatShutterstock/Piotr Marcinski

Manfaat serai bagi kesehatan yang terakhir yaitu baik untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsi rebusan serai dinilai dapat mengecilkan pori-pori dan memperkuat jaringan kulit.

Selain itu, kandungan serai juga dapat mengobati gangguan kulit seperti infeksi folikulitis dan selulitis, yang disebabkan oleh bakteri. Sifat anti mikrobanya pun dapat secara efektif membantu mengobati infeksi jamur pada kulit.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami