11 Wisata Jawa Tengah Populer, Objek Wisata Alam hingga Situs Bersejarah

11 Wisata Jawa Tengah Populer, Objek Wisata Alam hingga Situs Bersejarah
Karimunjawa. ©squarespace.com
JATENG | 16 Oktober 2021 11:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke berbagai tempat wisata memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Selain dapat menikmati kualitas waktu bersama keluarga atau teman-teman, aktivitas liburan juga bisa membantu merelaksasi tubuh dari rutinitas keseharian yang padat. Dengan begitu, tubuh dan pikiran bisa kembali bugar dan siap kembali pada aktivitas sehari-hari.

Tidak perlu jauh-jauh hingga ke luar negeri, Indonesia mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya di Jawa Tengah. Provinsi Jawa Tengah memiliki beragam objek wisata indah dan memesona, mulai dari wisata alam seperti pantai dan pegunungan, hingga situs bersejarah seperti Kota Lama, candi, serta keraton.

Jika Anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga atau teman, beberapa wisata Jawa Tengah berikut bisa menjadi pilihan. Dengan beberapa rekomendasi tempat wisata Jawa Tengah berikut, Anda bisa menikmati pemandangan alam menarik sambil berburu spot foto unik yang dapat diunggah di media sosial.

Selain itu, beberapa destinasi tempat wisata bersejarah juga bisa memberikan edukasi yang menarik dan menyenangkan. Sehingga, bukan hanya sekedar liburan namun Anda juga bisa mengajak anak belajar dengan cara yang lebih seru.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut kami merangkum beberapa tempat wisata Jawa Tengah yang bisa menjadi rekomendasi liburan Anda.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Jawa Tengah Populer

lawang sewu raih rekor muri
©2015 Merdeka.com

Karimunjawa

Rekomendasi wisata Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi pertama adalah Karimunjawa, Jepara. Ini merupakan objek taman nasional yang merupakan gugusan pulau yang terletak di Laut Jawa.

Di sini, Anda bisa melihat indahnya pemandangan terumbu karang, hutan bakau hutan pantai, serta 400 spesies laut, termasuk 242 jenis ikan hias. Selain itu, Anda juga bisa melihat fauna langka seperti elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam laut yang eksotis dan memesona. Tidak salah jika Karimunjawa dijuluki sebagai The Paradise of Java.

Kota Lama

Wisata Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi berikutnya adalah Kota Lama. Sebagian dari Anda tentu tidak asing dengan tempat wisata ini. Ini merupakan Kota tua yang ada di Semarang, dengan ciri khas bangunan-bangunan besar peninggalan Belanda.

Konon, pada abad ke-19 dan 20, Kota Lama menjadi pusat perdagangan. Kini, terdapat sekitar 20 bangunan kuno yang masih berdiri kokoh dengan arsitektur yang unik dan menarik kental dengan gaya Eropa. Salah satu bangunan yang sering menjadi perhatian adalah Gereja Blenduk yang mirip seperti bangunan Cathedral of Santa Maria del Fiore di Italia.

Tentu di sini, Anda bisa berburu spot foto menarik berlatar belakang bangunan kuno yang khas.

Lawang Sewu

Tidak jauh dari Kota Lama, Anda bisa mengunjungi objek wisata Lawang Sewu. Objek wisata Jawa Tengah ini masih berada di Kota Semarang. Lawang Sewu merupakan bangunan kuno peninggalan Belanda dengan ciri khas lubang pintu berjajar yang berjumlah lebih dari seribu pintu, sehingga dinamai Lawang Sewu.

Bangunan ini sebelumnya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api Belanda atau trem. Tidak heran, jika Anda masuk ke gedung ini terdapat beberapa buah gerbong kereta api yang terparkir di halaman samping depan.

Jika Anda tertarik, cukup mengeluarkan 30 ribu rupiah Anda bisa menikmati situs bersejarah dengan tampilan bangunan kuno yang khas dan menarik.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Jawa Tengah Menarik

7 wisata dieng populer dan menarik penuh dengan destinasi alam mempesona
©2020 Merdeka.com

Dieng

Tempat wisata Jawa Tengah yang tidak kalah menarik berikutnya yaitu Dieng. Dieng merupakan objek wisata dataran tinggi yang menyajikan pemandangan alam indah dan asri. Di sini, Anda bisa mengunjungi beberapa objek wisata Dieng yang menarik dan populer seperti Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Sumur Jalatunda.

Objek Telaga Warna ini disebut-sebut mirip dengan Plitvice Lake di Kroasia. Sehingga tak harus jauh-jauh ke luar negeri, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang elok di Wonosobo, Jawa Tengah. Suasana sejuk khas dataran tinggi juga akan membuat Anda betah berlama-lama berada di objek wisata ini.

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta bisa menjadi rekomendasi tempat wisata Jawa Tengah Anda berikutnya. Ini merupakan salah satu destinasi populer kota Solo yang banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Di kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat ini, Anda bisa melihat bangunan keraton dengan arsitektur Jawa yang unik. Meskipun termasuk bangunan kuno, namun bangunan Keraton Surakarta ini dirawat dengan baik hingga kini.

Selain bangunan keraton dan halaman yang luas, Anda bisa melihat berbagai koleksi milik kasunanan, seperti barang-barang pemberian raja Eropa, replika pusaka, hingga gamelan di gedung museum.

Gua Petruk

Tempat wisata Jawa Tengah yang bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya adalah Gua Petruk. Gua ini diklaim sebagai gua terindah di Indonesia. Bukan tanpa alasan, gua yang terdapat di atas bukit setinggi 75 meter ini memiliki ornamen pahatan alam stalaktit dan stalakmit di sepanjang badan gua yang memesona.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan sendang atau kolam pemandian dan ari terjun yang indah di dalam gua. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah untuk berwisata alam bersama teman-teman maupun keluarga.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Jawa Tengah Eksotis

brown canyon
©Wikipedia.org

Brown Canyon

Brown Canyon juga menambah daftar wisata Jawa Tengah menarik yang patut dikunjungi. Ini merupakan tempat proyek penggalian yang sudah berumur 10 tahun lebih. Hasil proyek ini menghasilkan tebing-tebing bukit dan bebatuan sebagai pahatan alami.

Tempat wisata ini disebut mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat, yaitu bukit dengan bebatuan berwarna cokelat yang menjulang indah. Selain menikmati pemandangan, Anda pun bisa berburu foto dengan latar belakang Brown Canyon menarik untuk menambah koleksi foto di media sosial. J

ika tertarik, Anda bisa segera mengunjungi Brown Canyon tepatnya di daerah Rowosari, Semarang, Jawa Tengah.

Sungai Progo

Tempat wisata Jawa Tengah bernuansa alam berikutnya adalah Sungai Progo. Sungai Progo sangat terkenal dengan olahraga arung jeram yang menarik dan menantang di Jawa Tengah.

Di sini, Anda bisa menyusuri sungai sepanjang 12 kilometer dengan beberapa rute, mulai dari arung jeram Sungai Progo Atas, Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Ketiga rute lokasi ini menawarkan ketinggian yang berbeda-beda, sehingga bisa menambah pengalaman adventure semakin seru.

Jika Anda memiliki hobi olahraga ini, Sungai Progo bisa menjadi destinasi menarik dan menantang yang patut dicoba.

Pantai Pulau Panjang

Objek wisata Jawa Tengah yang tak kalah menarik berikutnya adalah Pantai Pulau Panjang. Ini merupakan pantai berpasir putih yang memiliki pesona alam laut dangkal yang indah dan memanjakan mata. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan dasar terumbu karang, hutan bakau, hingga pohon-pohon lebat khas hutan tropis yang terletak di bagian tengah pulau.

Selain itu, hutan tropis ini juga dikelilingi perdu dan semak yang sering kali disinggahi burung laut. Anda harus mengendarai kapal dari pantai Kartini untuk menikmati eksotisme Pantai Pulau Panjang dan segala pemandangan alamnya.

Candi Prambanan dan Candi Borobudur

Objek wisata Jawa Tengah yang terakhir adalah situs Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Kedua candi ini merupakan destinasi populer yang sering dikunjungi wisatawan asing maupun domestik.

Candi Prambanan, merupakan kompleks candi peninggalan kerajaan Hindu terbesar di Indonesia. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, yaitu perbatasan antara Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sedangkan Candi Borobudur merupakan candi bercorak Budha terbesar di Indonesia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Konon, candi ini dibangun pada masa Dinasti Syailendara dengan ciri khas stupa yang tersusun bertingkat. Keeksotisan Candi Borobudur pun berhasil masuk ke dalam situs Tujuh Keajaiban dunia. Tentu masyarakat Indonesia patut berbangga dan harus mengunjungi objek wisata yang mendunia ini. Selain candi, banyak wisatawan yang berburu pemandangan matahari terbit yang menarik di puncak Candi Borobudur.

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami