15 Macam-Macam Motif Batik di Indonesia, Ketahui Ciri Khas Corak Setiap Daerahnya

15 Macam-Macam Motif Batik di Indonesia, Ketahui Ciri Khas Corak Setiap Daerahnya
JATENG | 25 September 2020 09:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara dengan aneka ragam kebudayaan yang luhur. Hal ini tercermin dari berbagai macam bahasa daerah, agama dan kepercayaan, adat istiadat, hingga makanan khas. Bukan hanya itu, Indonesia juga memiliki macam-macam motif batik sebagai salah satu hasil kebudayaan yang masih dilestarikan dan populer hingga saat ini.

Macam-macam motif batik di Indonesia sangat bervariasi. Bahkan masing-masing daerah memiliki corak khasnya tersendiri. Mulai dari batik Solo, Yogyakarta, Magetan, Cirebon, Pekalongan, Rembang, Bali, hingga Ternate Maluku Utara. Tidak jarang, kain batik menjadi oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang saat berwisata di daerah penghasil batik tersebut.

Berbagai macam corak atau motif batik ini mencerminkan kehidupan dari masing-masing masyarakat di setiap daerahnya. Biasanya motif batik yang diambil dari berbagai hal yang dekat dengan masyarakat tersebut. Seperti motif ikan dan hewan-hewan laut sebagai gambaran aktivitas dan mata pencaharian utama masyarakat di daerah pesisir. Atau juga motif tumbuhan dan berbagai simbol alam yang mempunyai filosofi tersendiri.

Sebagai masyarakat Indonesia, harus mengetahui dan mengenal lebih dalam macam-macam motif batik yang menjadi kebanggaan budaya sendiri. Dengan mengenal lebih dalam, akan muncul rasa memiliki dan semangat untuk melestarikan dan mempopulerkan budaya Indonesia yang luhur. Dilansir dari Brilio.net dan Liputan6.com, berikut kami merangkum macam-macam motif batik di Indonesia:

Baca Selanjutnya: Batik Parang Kusumo...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami