30 Ucapan Mohon Maaf Lahir Batin Jelang Idul Fitri, Bisa Jadi Rekomendasi

30 Ucapan Mohon Maaf Lahir Batin Jelang Idul Fitri, Bisa Jadi Rekomendasi
JATENG | 23 Mei 2020 06:05 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Memasuki hari-hari terakhir bulan Ramadan, memang tak terasa berlalu begitu cepat. Sudah hampir satu bulan penuh seluruh umat muslim menunaikan ibadah puasa dan ibadah sunah lainnya yang hanya dikerjakan di bulan Ramadan. Kini sebentar lagi, hari kemenangan yang ditunggu-tunggu pun akan segera tiba.

Pada hari kemenangan atau hari raya Idul Fitri, pastinya menjadi momen yang pas bagi seluruh umat muslim dan masyarakat lainnya untuk saling memaafkan. Biasanya momen ini sering diisi dengan acara Halal Bi Halal yang digelar pada lingkungan keluarga besar atau lingkup masyarakat yang lebih luas secara umum, yaitu dalam kehidupan bertetangga di lingkungan sekitar.

Namun sayangnya, perayaan hari raya kali ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini, masyarakat diimbau untuk merayakan hari lebaran di rumah bersama keluarga.

Artinya, masyarakat tidak diperkenankan untuk melakukan silaturahim dalam jumlah yang banyak, apalagi membuat kerumunan. Hal ini dilakukan tentunya untuk menekan agar penyebaran virus corona di masyarakat tidak semakin meluas.

Dalam kebijakan ini, masyarakat diingatkan untuk melakukan perayaan lebaran atau silaturahim dengan memanfaatkan teknologi digital. Seperti menggunakan layanan video call, telepon, maupun teks pesan yang dikirimkan untuk memohon maaf kepada keluarga, saudara, dan kerabat yang jauh. Meski hanya bertatap muka melalui media, tetapi silaturahim masih dapat dilakukan dengan baik.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi ucapan mohon maaf lahir batin untuk dikirimkan kepada keluarga, saudara, maupun kerabat, bisa menyimak beberapa contoh berikut. Dilansir dari Dream.co.id, berikut kami telah merangkum beberapa ucapan mohon maaf lahir dan batin menjelang Idul Fitri, yang bisa menjadi pilihan Anda.

1 dari 5 halaman

Ucapan Mohon Maaf Lahir Batin untuk Saling Memaafkan

ilustrasi minta maaf

©Shutterstock/phloxii

1. "Berharap pada lesung, yang ada hanya rumpun jerami. Ingin hati bertemu langsung, namun yang sampain hanya pesan ini. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin"

2. “Syukurku pada-Mu Ya Allah atas segala nikmat yang telah kuterima dan nikmat yang akan datang esok, lusa dan nanti. Nikmatmu yang tak putus-putus merupakan bentuk kasih sayang-Mu Ya Allah. Dan ampunilah segala dosa yang melekat pada diriku ini. Di bulan Ramadan ini, aku memohon ampunan-Mu."

3. “Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin."

4. "Alhamdulillah, kita bertemu lagi dengan bulan puasa Ramadan, bulan penuh mutiara hikmah.Ini semua berkat nikmat-Mu ya Allah. Semoga Ramadan ini kita bisa lebih baik dari Ramadan sebelumnya."

5. "Salah tak bisa dicegah, dendam tak akan menyelesaikan masalah, izinkan aku memohon maaf, agar langkah ke depan menjadi mudah. Selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin."

6. "Aku tidak memintamu untuk menjadi awan, karena aku takut kamu akan mendung. Aku juga tidak memintamu untuk menjadi bunga, karena aku takut kamu akan layu. Aku hanya memintamu untuk memaafkanku setulus hati. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin."

2 dari 5 halaman

Ucapan Mohon Maaf Lahir Batin yang Tulus

fitri

©2015 Merdeka.com

7. "Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga, saatnya kembali kepada-Nya, mensyukuri indahnya kemurahanNya. Saatnya merenenungi diri bersama kita leburkan kekhilafan, dengan shaum dan amalan shalih dan keikhlasan dalam jiwa."

8. "Ibarat roda yang berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori pula menggoresnya. Begitulah perjalanan hdup kita tak pernah luput dari berbagai kesalahan dan menjadi noda. Maka di bulan yang sucidan penuh rahmat ini, mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan."

9. "Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin."

10. “Manusia paling mulia adalah yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Hari Raya.”

11. “Telah tiba saatnya bagi setiap jiwa untuk menyucikan hati. Bagi setiap umat untuk memulai hidup baru. Bagi kita semua untuk saling memaafkan dan melupakan setiap kesalahan. Amin. Selamat Idul Fitri!”

12. “Semoga Allah mengaliri hidupmu dengan kebahagiaan, mengaliri hatimu dengan rasa cinta, mengaliri pikiranmu dengan kearifan. Selamat Hari Raya yang berbahagia.”

3 dari 5 halaman

Ucapan Mohon Maaf Lahir Batin yang Menyentuh

ilustrasi wanita berhijab

©©2012 Shutterstock/Zurijeta

13. "Wangi kue lebaran ku cium di sana sini, ku nikmati dan ku makan sesuka hati. Kadang aku malu juga, tetapi inilah idul fitri. Segala berkah harus sebaik mungkin dinikmati."

14. "Jika jiwa sebening air, jangan sampai mengeruh. Jika hati seputih awan, jangan sampai menjadi mendung. Raih kemenangan bersama dengan saling memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin."

15. "Makan sahur lauknya ikan. Sesaat lagi kita lebaran. Semoga semua salah dan khilaf dimaafkan."

16. "Dalam khilafku, dalam salahku, dalam budiku yang pernah melukaimu, beserta segala kata-kata yang tak menyenangkan hatimu, di hari yang suci ini maafkanlah aku."

17. “Manusia paling mulia adalah yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Hari Raya.”

18. "Kata-kata seindah zikir teralun bagaikan adzan, berbaris rapi dalam shaf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idul Fitri.”

4 dari 5 halaman

Ucapan Mohon Maaf Lahir Batin dengan Ikhlas

fitri

©2015 Merdeka.com/acelebrationofwomen.org

19. "Harta yang paling bernilai adalah kesabaran. Rekan yang paling setia adalah amal. Ibadah yang paling indah adalah keikhlasan. Identitas tertinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf lahir batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri."

20. "Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran, Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin."

21. "Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin."

22. "Bila idul fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf, agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf. Selamat hari raya Idul Fitri."

23. “Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh barokah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Selamat menyambut hari raya Idul Fitri.”

24. "Semoga puasaku, puasamu dan semua ibadahan dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Ta’ala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Aamiin."

5 dari 5 halaman

Ucapan Mohon Maaf Lahir Batin yang Indah

ilustrasi wanita berhijab

©©shutterstock.com/szefei

25. “Tiada amal tanpa keikhlasan tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin.”

26. “Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin.”

27. "Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin."

28. Dari dulu terus mencari, meski hati masih sendiri, jangan pernah bersusah hati, karena hari ini Idul Fitri. Semoga kita yang sendiri bisa saling berbagi, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin."

29. "Inilah hari yang penuh kesucian dan kesukacitaan. Hari kemenangan dan hari untuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin dan selamat hari raya Idul Fitri"

30. "Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin."

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami