4 Amalan Sunnah untuk Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Umat Muslim Wajib Tahu

4 Amalan Sunnah untuk Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Umat Muslim Wajib Tahu
JATENG | 29 Oktober 2020 11:30 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Muhammad SAW merupakan manusia mulia yang menjadi nabi dan rasul terakhir umat muslim. Setiap muslim selalu dianjurkan untuk meneladani perbuatan, perkataan, serta seluruh fitrahnya dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah SAW juga memiliki beberapa sifat wajib, seperti Shidiq (benar), Tabligh (menyampaikan), Amanah (dipercaya), dan Fathonah (cerdas). Tak heran, jika setiap hari kelahirannya selalu dirayakan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Beragam acara mulai di tingkat desa sampai istana negara menyelenggarakan acara perayaan Maulid Nabi.

Melansir dari NU Online, tradisi merayakan Maulid Nabi Muhammad merupakan bid’ah yang baik atau disunahkan. Dengan kata lain, meski tidak pernah dilakukan pada zaman Rasulullah SAW, tradisi ini dianjurkan untuk digelar karena di dalamnya terdapat sisi mengagungkan dan kecintaan kepada Rasulullah.

Ada banyak amalan sunnah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini dilakukan semata-mata sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Berikut ini beberapa amalan sunnah Maulid Nabi yang merdeka.com lansir dari NU Online:

Baca Selanjutnya: Membaca Shalawat...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami