4 Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh, Ketahui Hukum dan Rukunnya

4 Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh, Ketahui Hukum dan Rukunnya
ilustrasi Haji di mekah. Ilustrasi shutterstock.com
JATENG | 19 Juli 2021 19:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, saat ini sebagian umat Muslim tengah menjalankan ibadah haji yang dilaksanakan pada 17 Juli hingga 22 Juli 2021. Ini menjadi salah satu ibadah rutin yang digelar setiap tahun, di mana umat Muslim melakukan tawaf, sa’i, dan serangkaian kegiatan lainnya di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

Meskipun ibadah haji rutin digelar setiap tahun, namun ibadah ini tidak wajib dilaksanakan oleh setiap umat Muslim, melainkan hanya diperuntukkan bagi orang yang mampu, baik secara fisik hingga finansial. Biasanya, Indonesia termasuk negara dengan minat jemaah haji yang tinggi setiap tahunnya,. Tidak heran jika banyak masyarakat yang mendaftarkan diri dan berangkat bergantian setiap tahunnya.

Bagi orang yang belum mendapatkan giliran keberangkatan, masih bisa terbang ke Mekkah untuk melakukan ibadah umroh. Baik haji maupun umroh memang dilakukan di tempat yang sama, namun sebenarnya kedua ibadah ini mempunyai beberapa perbedaan mendasar. Perbedaan ibadah haji dan umroh dapat dilihat dari hukum pelaksanaan, rukun, waktu pelaksanaan, hingga kewajiban.

Bagi Anda yang berencana mendaftarkan diri untuk pemberangkatan haji maupun ingin melakukan ibadah umroh, maka perlu mengetahui beberapa perbedaan ibadah haji dan umroh berikut. Ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih ibadah mana yang ingin dilakukan terlebih dahulu.

Melansir dari NU Online, berikut kami merangkum beberapa perbedaan ibadah haji dan umroh yang perlu Anda pahami.

Baca Selanjutnya: Mengenal Haji dan Umroh...

Halaman

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami