40 Kata-kata Hari Sumpah Pemuda, Penuh Makna dan Kobarkan Semangat

40 Kata-kata Hari Sumpah Pemuda, Penuh Makna dan Kobarkan Semangat
wr supratman. photobucket.com
JATENG | 27 Oktober 2021 06:00 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Setiap tanggal 28 Oktober, masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Sumpah Pemuda. Hal ini untuk mengenang dan menghargai perjuangan para pahlawan saat Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 tersebut, berhasil menyatukan keyakinan para pemuda dari berbagai latar belakang daerah, suku, dan agama. Dengan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi, para pemuda Indonesia mampu membangkitkan rasa nasionalisme dan kebangsaan.

Untuk memperingati ikrar tersebut, Presiden Soekarno pada 28 Oktober menetapkan Hari Sumpah Pemuda. Tentu saja peringatan ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk terus memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Hari Sumpah Pemuda bukanlah setahun sekali, melainkan akan terus ada di setiap hari dari perjalanan hidup generasi muda Bangsa Indonesia. Berikut kata-kata Hari Sumpah Pemuda yang merdeka.com lansir dari Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

Kata-kata Hari Sumpah Pemuda yang Penuh Makna

komik sumpah pemuda
©2013 Merdeka.com

1. Busungkan dadamu, wahai pemuda! Pandanglah ke depan! Ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati dan raihlah sebuah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang sejati. Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda.

2. Sumpah Pemuda bukan sekadar teks sejarah, tetapi seperti kepalan tangan berlumuran darah. Meski merasa sakit, tetap banggalah mengatakan 'saya Indonesia'. Selamat hari Sumpah Pemuda. Semoga semangat juang para pemuda 92 tahun lalu tidak akan pernah lekang oleh waktu.

3. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga para pemuda-pemudi Indonesia bisa menjadi penerus bangsa yang kompeten.

4. Jika kita tidak bisa mengubah Indonesia dengan kedudukan, maka ubahlah dengan semangatmu dan buat kepribadian kita menjadi berkarakter. Tentu menjadi bagian yang tidak perpisahkan antara perjuangan dan mempertahankan NKRI. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

5. Kita harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

6. Kemajuan suatu bangsa terletak di genggaman para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai generasi emas!

7. Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia – Bung Karno.

8. Kita jangan pernah mewarisi abunya sumpah pemuda, tetapi kita harus mewarisi apinya sumpah pemuda – Bung Karno

9. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mulailah dari dirimu sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang.

10. Tegas, lugas, dan berani, itulah kita pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

11. Tidak banyak yang bisa kami tulis. Untuk Indonesia terutama Sumpah Pemuda, semoga semua semangat itu akan hidup dalam diri kami untuk selama-lamanya. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

12. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Kobarkan semangatmu para generasi muda untuk kemajuan Indonesia.

13. Perbedaan yang ada bukanlah penghalang untuk bersatu. Jadikan keberagaman sebagai alasan untuk menyatukan semuanya. Semangat menjalani nilai-nilai Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

14. Kemajuan suatu bangsa ada di genggaman para pemuda, Selamat Hari Sumpah Pemuda.

15. Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi, dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

3 dari 4 halaman

Kata-kata Hari Sumpah Pemuda yang Mampu Kobarkan Semangat

16. Tuhan hanya akan mengubah nasib sebuah bangsa jika bukan bangsa itu sendiri yang mengubahnya. Bersatulah wahai pemuda pemudi dan ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik, Selamat Hari Sumpah Pemuda.

17. Aku hanya pemuda biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dan dengan cara Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

18. Busungkan dadamu wahai pemuda, pandanglah ke depan, ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati, dan raihlah sebuah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang sejati. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

19. Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua saya sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya, jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali – Bung Karno

20. Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimipilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang – Bung Karno

21. Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk kalian para pemuda. Belajarlah tanpa kenal lelah, jadilah pemuda yang berkualitas dan selalu menjunjung tinggi nasionalisme di atas segalanya.

22. Wahai pemuda, berhenti menyalahkan, berhenti berkeluh kesah, berhenti merengek dan mengemis kepada bangsa lain. Singsingkan lengan bajumu dan cintailah bangsa ini setulus jiwa. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

23. Untuk semua pemuda-pemudi Indonesia, selamat Hari Sumpah Pemuda. Seperti sumpah yang telah diucapkan. Semoga kita semua akan menjalankan sumpah tersebut dengan baik. Bisa menjadi pendorong perubahan untuk negara.

24. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mari terus menjaga sejarah para pendahulu kita sebagai elemen bangsa yang selalu turun tangan dalam menjawab segala permasalahn bangsa kita. Melawan korupsi dan menciptakan sebanyak-banyaknya karya untuk kejayaan bangsa kita.

25. Aku hanya pemuda biasa yang bekerja untuk membangun Indonesia dengan cara Indonesia.

26. Bangkitlah pemuda! Jangan terlena dengan keadaan. Ingatlah bahwa kita masih dalam perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki.

27. Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam, alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

28. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. – R. A Kartini

29. Seorang perempuan yang mengorbankan diri untuk orang lain, dengan segala rasa cinta yang ada dalam hatinya, dengan segala bakti, yang dapat diamalkannya, itulah perempuan yang patut disebut sebagai "ibu" dalam arti sebenarnya. – R. A Kartini

30. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. – R. A Kartini

4 dari 4 halaman

Kata-kata Hari Sumpah Pemuda yang Inspiratif

wr supratman
4.bp.blogspot.com

31. Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa bahagia baginya. – R. A Kartini

32. Kematian adalah yang terakhir dalam waktu, tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan. – Bung Hatta

33. Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran. – Bung Hatta

34. Perjuanganku melawan penjajah lebih mudah, tidak seperti kalian nanti. Perjuangan kalian akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri. – Bung Hatta

35. Maka dengan tercapainya penyerahan kedaulatan, perjuangan belum selesai. – Bung Hatta

36. Pertahanan yang sebaik-baiknya adalah yang dilakukan dengan menyerang. - Tan Malaka

37. Jika sekiranya pulau Jawa mempunyai borjuasi nasional yang revolusioner dan Diponegoro dalam perjuangannya melawan Mataram dan Kumpeni pastilah ia akan berdiri di sisi borjuasi itu. - Tan Malaka

38. Berapapun cepatnya kebohongan itu, namun kebenaran akan mengejarnya juga. - Tan Malaka

39. Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! - Soekarno

40. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. - Soekarno

(mdk/jen)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami