5 Fakta Gunung Bibi, Bukit Pelindung Awan Panas Merapi yang Keramat

5 Fakta Gunung Bibi, Bukit Pelindung Awan Panas Merapi yang Keramat
Gunung Merapi. ©2014 merdeka.com/yulistyo pratomo
JATENG | 12 Maret 2020 10:00 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Gunung Bibi adalah sebuah bukit yang berada di sebelah timur Gunung Merapi. Keberadaan bukit itu sudah ada sebelum Merapi terbentuk. Bagi masyarakat Desa Balerante, Klaten, keberadaan Gunung Bibi merupakan sebuah anugerah karena melindungi masyarakat desa itu dari luncuran awan panas Merapi.

Gunung ini sudah terbentuk sejak 700.000 tahun yang lalu, Gunung Bibi dianggap sebagai induk dari Gunung Merapi yang baru terbentuk sekitar 2.000-6.000 tahun yang lalu. Walau begitu, ketinggiannya lebih rendah dari Gunung Merapi. Jika Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.930 mdpl, Gunung Bibi hanya memiliki ketinggian 2.050 mdpl.

Dilansir dari Situs Balerante Klaten, selain punya fungsi vital sebagai pelindung dari awan panas Merapi, Gunung Bibi juga dianggap keramat oleh warga sekitar. Berikut 5 fakta tentang bukit yang disebut sebagai gunung tersebut.

Baca Selanjutnya: Lebih Tua Dari Merapi...

Halaman

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami