Kisah Inspiratif Pegiat Perpustakaan Keliling dengan Kuda di Lereng Gunung Slamet

Kisah Inspiratif Pegiat Perpustakaan Keliling dengan Kuda di Lereng Gunung Slamet
JATENG | 7 April 2020 11:49 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku wawasan seseorang bisa bertambah. Demi memberi kemudahan akses masyarakat terhadap jendela dunia itu, pemerintah menyediakan layanan perpustakaan pada berbagai tempat. Selain itu buat menjangkau masyarakat yang tinggal jauh dari perpustakaan itu, pemerintah juga menyediakan fasilitas perpustakaan keliling.

Di lereng Gunung Slamet, ada yang unik soal bagaimana layanan perpustakaan keliling itu dijalankan. Karena ingin anak-anak di daerahnya mendapatkan akses fasilitas buku dan mencintai buku, Ridwan Sururi (46), seorang warga Purbalingga menjalankan program layanan perpustakaan keliling dengan cara unik.

Dia menggunakan kuda milik majikannya untuk berkeliling desa-desa di lereng Gunung Slamet dengan membawa buku bagi anak-anak. Layanan perpustakaan keliling itu ia namakan “Kuda Pustaka”.

Dilansir dari Liputan6.com pada Rabu (26/3), atas inisiatifnya mengadakan layanan Kuda Pustakanya itu, Ridwan mendapat berbagai undangan untuk jadi tamu di acara televisi, mendapat perhatian dari media internasional, dan pernah pula mendapat undangan makan bersama dari Presiden.

Baca Selanjutnya: Cari Kesibukan...

Halaman

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami