5 Kegiatan Malam Takbiran di Rumah, Hangatkan Kebersamaan Bersama Keluarga

5 Kegiatan Malam Takbiran di Rumah, Hangatkan Kebersamaan Bersama Keluarga
Ilustrasi ketupat. ©Shutterstock/szefei
JATENG | 23 Mei 2020 15:03 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Malam takbiran menjadi salah satu momen khas yang selalu didapatkan oleh seluruh umat muslim, tepat sehari sebelum hari raya Idul Fitri. Biasanya di malam takbiran, masyarakat akan menyerukan kalimat takbir di setiap masjid.

Bukan hanya itu, di Indonesia sendiri malam takbiran juga sering diisi dengan kegiatan takbir keliling yang dilakukan oleh anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Tidak jarang, kegiatan takbir keliling ini menjadi ajang kompetisi yang diikuti setiap masjid di lingkup wilayah tertentu. Kegiatan ini pun menjadi hiburan dan tontonan tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Tidak heran jika kegiatan ini sering dilaksanakan untuk menyemarakkan semangat kemenangan menjelang datangnya hari raya Idul Fitri.

Namun sayangnya, kegiatan yang sudah menjadi budaya di masyarakat Indonesia ini harus ditiadakan sementara waktu. Mengingat, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, sehingga masyarakat diimbau untuk melewati malam takbiran di rumah.

Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghindari adanya kerumunan di masyarakat yang bisa meningkatkan risiko penyebaran virus corona yang semakin meluas.

Meskipun begitu, masyarakat masih dapat melakukan kegiatan lain untuk mengisi malam takbiran di rumah. Beberapa kegiatan pun bisa dilakukan bersama keluarga sehingga momen kebersamaan menjelang lebaran bisa semakin terasa.

Dilansir dari Brilio.net, berikut beberapa kegiatan malam takbiran di rumah bersama keluarga.

Baca Selanjutnya: Membuat Kue Lebaran...

Halaman

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami