5 Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan, Bantu Cegah Penyakit Jantung

5 Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan, Bantu Cegah Penyakit Jantung
Daun basil. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Sea Wave
JATENG | 8 September 2021 19:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Daun basil sering kali disamakan dengan daun kemangi. Meskipun masih dalam satu kelompok yang sama, namun daun basil berbeda dengan daun kemangi. Dari segi aroma, daun basil dengan daun kemangi memang sama-sama memiliki aroma yang kuat. Namun, dari segi bentuk daun basil memiliki daun yang lebih tebal dibandingkan kemangi yang sering ditemui.

Daun basil ini biasanya ditambahkan ke dalam berbagai hidangan pasta. Bukan hanya itu, sajian pizza juga sering kali dihidangkan dengan daun basil sebagai topping di atasnya. Aroma daun basil yang segar memang membuat berbagai hidangan makanan semakin sedap dan nikmat saat disantap.

Selain rasa dan aromanya yang khas, daun basil juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari kandungan protein, serat, kalsium, vitamin A, vitamin K, hingga kalium. Berbagai kandungan pada daun basil ini pun memberikan beberapa khasiat untuk kesehatan.

Diketahui, manfaat daun basil dapat membantu mengontrol gula darah, mencegah penyakit jantung, hingga mengurangi gangguan peradangan. Bukan hanya itu, manfaat daun basil juga dinilai dapat meningkatkan kesehatan mental lebih baik. Tidak salah jika daun basil termasuk salah satu jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Melansir dari WebMD, berikut kami merangkum beberapa manfaat daun basil bagi kesehatan serta cara menyajikannya yang perlu Anda ketahui.

2 dari 8 halaman

Kandungan Daun Basil

daun basil

©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Sea Wave

Sebelum mengetahui beberapa manfaat daun basil bagi kesehatan, perlu diketahui kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya. Diketahui, dalam 2 sendok makan atau 5 gram daun basil cincang segar mengandung beberapa nutrisi berbagai berikut :

  • Kalori: 1
  • Protein : 0,2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 0,1 gram
  • Serat: 0,1 gram
  • Gula: 0 gram

Daun basil juga memiliki banyak kandungan mineral penting lainnya yang tidak kalah penting, yaitu meliputi :

  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Mangan
  • Magnesium
  • Besi
  • Seng
  • Kalium
3 dari 8 halaman

Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun basil bagi kesehatan yang pertama dapat mengontrol gula darah. Menambahkan daun basil ke dalam hidangan makanan sehari-hari dapat membantu mengurangi kadar gula darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang mengalami diabetes, ekstrak daun basil dapat bekerja menurunkan kadar gula darah secara efektif. Daun basil juga dapat membantu dalam mengobati efek jangka panjang dari gangguan gula darah tinggi. Ini bisa menjadi salah satu rekomendasi makanan sehat yang berkhasiat bagi penderita diabetes.

4 dari 8 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

ilustrasi jantungcardiomyopathy.org

Manfaat daun basil bagi kesehatan berikutnya mencegah penyakit jantung. Dalam hal ini, daun basil memiliki kandungan eugenol yang mampu bekerja memblokir saluran kalsium untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, minyak esensial pada daun basil juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Bukan hanya itu, kandungan magnesium pada daun basil dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah menjadi rileks. Anda bisa menambahkan daun basil ke dalam hidangan sehari-hari untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung.

5 dari 8 halaman

Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat daun basil bagi kesehatan juga berguna untuk meningkatkan kesehatan mental. Daun basil termasuk salah satu bahan dari ramuan populer dalam pengobatan Ayurvesa.

Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa daun basil memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan mental. Dalam hal ini, daun basil memiliki senyawa yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi , meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir jernih, dan menurunkan risiko kehilangan memori terkait usia.

6 dari 8 halaman

Mengurangi Inflamasi

ilustrasi nyeri sendi©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Melodia plus photos

Mampu mengurangi inflamasi juga termasuk salah satu manfaat daun basil bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Daun basil diketahui memiliki kandungan minyak atsiri berupa eugenol, linalool, dan citronellol yang dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh.

Sifat anti-inflamasi ini dapat membantu menurunkan risiko kondisi peradangan seperti radang sendi, penyakit jantung, dan masalah usus. Bagi orang tua usia lanjut yang memiliki gangguan radang sendiri dan risiko penyakit jantung, bisa mengonsumsi daun basil sebagai salah satu alternatif pengobatan alami.

7 dari 8 halaman

Melindungi Infeksi

Manfaat daun basil bagi kesehatan yang terakhir yaitu dapat melindungi dari serangan infeksi. Manfaat ini didapatkan dari sifat antibakteri yang dimiliki daun basil. Minyak atsiri yang terdapat di dalamnya juga berkontribusi dalam membantu melawan bakteri yang mengakibatkan berbagai infeksi, seperti infeksi pernapasan, saluran kemih, perut, dan kulit. Jika Anda ingin memulai gaya hidup sehat, menambahkan daun basil ke dalam menu makan sehari-hari bisa menjadi salah satu pilihan.

8 dari 8 halaman

Cara Menyajikan Daun Basil

ilustrasi lasagna©2014 Merdeka.com/shutterstock/tobik

Setelah mengetahui beberapa manfaat daun basil bagi kesehatan, berikutnya terdapat beberapa rekomendasi penyajian daun basil sebagai konsumsi sehari-hari. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati aroma dan rasa khas dari daun basil, berikut beberapa pilihan yang bisa Anda coba:

  • Lapisi basil dengan keju mozzarella segar dan irisan tomat, tambahkan beberapa lada hitam segar dan sedikit dengan minyak zaitun untuk dikonsumsi secara langsung.
  • Gunakan sebagai bahan topping hidangan pizza atau pasta yang baru dimasak. Anda bisa menambahkan daun basil utuh atau menyincangnya dalam bentuk kasar.
  • Campurkan ke dalam sup atau saus.
  • Tambahkan ke pesto atau hummus.
  • Tempatkan dengan sayuran di setiap lapisan lasagna.
  • Campurkan ke dalam salad, seperti salad jagung bakar atau salad semangka
  • Hiasi es krim vanila dengan beberapa daun basil kecil yang segar dan beraroma sedap.
(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami