5 Manfaat Pranajiwa untuk Kesehatan, Bantu Atasi Penyakit TBC

5 Manfaat Pranajiwa untuk Kesehatan, Bantu Atasi Penyakit TBC
ilustrasi pranajiwa. menlhk.go.id
JATENG | 29 Maret 2021 15:00 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Tanaman pranajiwa (Euchresta horsfieldii) adalah jenis tanaman herbal yang cukup terkenal di Indonesia, terutama di Bali. Tanaman perdu yang memiliki bentuk daun mirip daun melinjo ini kerap dijadikan obat herbal untuk meningkatkan stamina pria dan mengatasi lemah syahwat. Tak hanya dapat meningkatkan stamina, tanaman ini juga memiliki khasiat penting untuk mengatasi berbagai penyakit.

Tumbuhan pranajiwa dapat ditemukan di pegunungan Himalaya, Filipina, dan Indonesia. Seperti dikutip unud.ac.id, pranajiwa mengandung mome inositol, asam lemak, dan sifat antibakteri yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Tak heran, jika tanaman ini kerap digunakan masyarakat Bali sebagai pengobatan tradisional.

Banyaknya kandungan manfaat pada akar, biji, dan batang di dalam tanaman pranajiwa bisa dijadikan minuman herbal atau jamu. Tentu saja, manfaat pranajiwa ini bisa didapatkan jika mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan. Berikut beberapa manfaat pranajiwa untuk kesehatan yang dilansir dari sinta.unud.ac.id:

Baca Selanjutnya: Sumber Antioksidan...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami