5 Penyebab Anyang-anyangan Berkepanjangan, Begini Cara Mengatasinya

5 Penyebab Anyang-anyangan Berkepanjangan, Begini Cara Mengatasinya
ilustrasi buang air kecil. © www.prevention.com
JATENG | 10 Desember 2020 17:00 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Sering buang air kecil atau biasa disebut anyang-anyangan merupakan kondisi yang biasa dialami oleh setiap orang. Biasanya, seseorang yang mengalami anyang-anyangan sering buang air kecil dengan urine yang sedikit. Selain itu, penderita juga akan merasakan nyeri saat berkemih.

Melansir dari Mayo Clinic, anyang-anyangan merupakan salah satu gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK). Dengan kata lain, anyang-anyangan bukanlah suatu penyakit, memainkan hanya suatu gejala. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Jika tidak segera ditangani, anyang-anyangan yang muncul dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, kondisi ini juga bisa memperburuk keluhan yang sudah ada. Oleh karena itu, perlu mengetahui penyebab anyang-anyangan dan cara mengatasinya.

Lantas, apa saja penyebab anyang-anyangan berkepanjangan dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Mayo Clinic.

2 dari 4 halaman

Gejala Anyang-anyangan Berkepanjangan

air kecil
shutterstock

Seseorang yang mengalami anyang-anyangan akan merasakan sakit saat buang air kecil. Biasanya, kondisi ini bisa menandakan adanya infeksi saluran kemih. Selain itu, ada beberapa gejala anyang-anyangan lainnya, di antaranya sebagai berikut:

• Rasa panas ketika buang air kecil

• Sering buang air kecil

• Warna urine berubah

• Volume urine sedikit

• Rasa gatal pada alat kelamin

3 dari 4 halaman

Penyebab Anyang-anyangan Berkepanjangan

Seperti yang sudah diketahui, anyang-anyangan adalah kondisi yang membuat seseorang sering buang air kecil dan disertai rasa sakit atau panas saat berkemih. Ada beragam penyebab anyang-anyangan pada wanita, di antaranya sebagai berikut:

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Penyebab anyang-anyangan berkepanjangan yang pertama adalah menderita Infeksi Saluran Kemih (ISK). Banyaknya bakteri yang menumpuk di saluran kencing menjadi penyebab anyang-anyangan. Selain itu, gejala lain yang bisa muncul akibat ISK yaitu mengeluarkan urine berwarna keruh, demam, kesulitan buang air kecil, dan merasakan nyeri di sisi perut.

Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu juga menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan berkepanjangan. Obat-obatan tertentu bisa menimbulkan iritasi dan membuat jaringan kandung kemih meradang. Oleh karena itu, seseorang yang biasa mengonsumsi obat-obatan tertentu dan membuat anyang-anyangan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Batu Ginjal

Ginjal merupakan sepasang organ ekskresi dalam vibreta yang memiliki bentuk seperti kacang di area punggung bagian bawah. Ginjal memiliki beberapa fungsi, seperti menyaring kotoran serta membuangnya bersama air dalam bentuk urine Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik maka dapat menyebabkan gangguan yang disebut penyakit ginjal.

Melansir dari laman Healthline, beberapa gangguan pada ginjal ini menimbulkan beberapa penyakit komplikasi dalam tubuh, seperti anemia dan gangguan elektrolit. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung harus terus dilakukan upaya pencegahan sejak dini. Salah satunya dengan menjaga pola makan sehat.

Salah satu faktor penyebab penyakit ginjal ialah terjadinya penumpukan zat mineral yang kemudian menjadi batu ginjal. Kejadian ini sering dipicu karena infeksi saluran kemih yang menjadi penyebab anyang-anyangan.

Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kista yang tumbuh pada satu atau kedua ovarium di kedua sisi kandung kemih. Kista tersebut dapat menekan kandung kemih sehingga menyebabkan terjadinya anyang-anyangan. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang mungkin terjadi, seperti pendarahan abnormal di vagina dan nyeri panggul.

Infeksi Menular Seksual (IMS)

Salah satu penyebab anyang-anyangan berkepanjangan yang kerap dialami penderita ialah IMS. Penderita IMS biasanya akan mengalami beberapa gejala, seperti gatal-gatal, sensasi terbakar, keputihan abnormal, dan merasakan nyeri saat buang air kecil.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Anyang-anyangan Berkepanjangan

air kecil© www.prevention.com

Seseorang yang sering mengalami anyang-anyangan untuk segera periksa ke dokter. Pasalnya, kondisi ini jika tidak segera ditangani dapat memperparah penyakit yang sudah ada di dalam tubuh. Selain itu, ada beberapa cara mengatasi anyang-anyangan secara alami, di antaranya seperti berikut:

• Minum banyak cairan

• Memakai celana dan pakaian yang longgar atau tidak ketat

• Rutin mandi menggunakan air hangat

• Mengurangi atau menghindari kafein dan alkohol

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini