5 Potret Prosesi Pemakaman Ibunda Jokowi di Mundu, Berlangsung Singkat dan Sederhana

5 Potret Prosesi Pemakaman Ibunda Jokowi di Mundu, Berlangsung Singkat dan Sederhana
JATENG | 26 Maret 2020 19:07 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Di tengah perjuangannya melawan Virus Corona yang tengah mewabah di Indonesia, Presiden Joko Widodo justru mendapat berita berita duka. Rabu sore (25/3) Ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo, wafat dalam usia 77 tahun. Ibu dari orang nomor 1 di Indonesia itu meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker tenggorokan selama 4 tahun.

Prosesi pemakaman ibunda Presiden Jokowi itu dilakukan pada keesokan harinya di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar pukul 13.00. Berikut adalah 5 potret prosesi pemakaman Ibu Sujiatmi Notomiharjo yang berlangsung singkat dan sederhana.

1 dari 5 halaman

Disalatkan di Masjid Baiturrachman yang Berjarak 100 Meter dari Rumah Duka

pemakaman jenazah ibunda jokowi

2020 Merdeka.com

Sebelum diberangkatkan ke Pemakaman Keluarga Mundu, Jenazah ibunda Jokowi terlebih dahulu disalatkan di Masjid Baiturrachman yang hanya berjarak 100 meter dari rumah duka.

Pada saat prosesi itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana beserta keluarga, dan juga diiringi pasukan pembawa jenazah. Semua orang dalam iringan itu menggunakan masker karena status Kota Solo yang masih KLB wabah COVID-19.

2 dari 5 halaman

Sejumlah Menteri dan Pejabat Negara Ikut Hadir

pemakaman ibunda jokowi

2020 liputan6.com

Dalam prosesi pemakaman itu, sejumlah pejabat ikut hadir seperti Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan, Menteri BUMN Erick Tohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

Sosok Sudjiatmi Notomiharjo sudah dikenal sebelum Jokowi menjabat jadi presiden.

"Saya hormat kepada ibu Noto ini karena kesederhanaannya. Saya berduka sedalam-dalamnya atas ibunda Presiden Joko Widodo ini," terang Luhut dikutip darin ANTARA, Kamis (26/3).

3 dari 5 halaman

Prosesi Pemakaman di Mundu

jenazah ibunda jokowi dibawa menuju masjid baiturrahman solo

2020 Merdeka.com

Jenazah Ibu Noto tiba di Pemakaman Mundu sekitar pukul 13.00 diikuti dengan keluarga besar Presiden Joko Widodo.

Sementara itu para pelayat yang datang ke pemakaman disemprot dahulu dengan cairan disinfektan yang sudah disiapkan petugas. Ibu Noto dimakamkan di samping pusara suaminya, Widjiatno Notomihardjo.

4 dari 5 halaman

Jokowi Langsung Pulang Usai Prosesi Pemakaman Berakhir

gubernur jateng ganjar pranowo melayat ibunda jokowi

2020 Merdeka.com

Setelah prosesi pemakaman itu berakhir, Presiden Jokowi langsung meninggalkan lokasi. Rombongan presiden itu langsung kembali ke kediaman mereka di Banyuanyar, Solo.

Dilansir dari ANTARA pada Kamis (26/3) tidak ada pesan atau sambutan khusus yang disampaikan pihak keluarga. Presiden hanya melambaikan tangan kepada para jurnalis yang hadir dan tidak menyampaikan pernyataan apapun.

5 dari 5 halaman

Ratusan Pelayat Serbu Makam Usai Jokowi Pulang

pemakaman jenazah ibunda jokowi

2020 Merdeka.com

Usai Jokowi pulang ke kediamannya di Solo, sekitar 300 pelayat yang hadir dalam prosesi itu langsung menuju ke tempat pemakaman. Mereka menuju makam dan memanjatkan doa untuk almarhum Sudjiatmi.

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami