5 Sungai di Jogja yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan, Kerap Sebabkan Banjir

5 Sungai di Jogja yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan, Kerap Sebabkan Banjir
JATENG | 26 Februari 2020 07:00 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Peristiwa susur sungai maut yang terjadi di Sungai Sempor pada Jum’at (21/2) memberi pelajaran tentang bahayanya menyusuri sungai saat musim hujan. Hal ini dikarenakan arus sungai akan lebih deras dibandingkan saat musim kemarau.

Bahkan, arus sungai yang tadinya tenang mendadak bisa menjadi deras apabila hujan turun di hulu sungai tanpa sepengetahuan kita. Namun nyatanya banyak orang yang tidak mewaspadai hal ini. Masih ada saja warga yang beraktivitas di pinggir bahkan di tengah sungai, tanpa menyadari ada bahaya yang mengancam mereka.

Selain Sungai Sempor, ada sungai-sungai lain di Jogja yang bisa menimbulkan potensi bahaya. Hampir semua sungai itu berhulu di kaki Gunung Merapi. Ancaman yang ada di Gunung Merapi bisa menular ke sungai itu, banjir lahar dingin contohnya. Berikut ini adalah 5 sungai di Jogja yang harus diwaspadai saat musim hujan datang.

Baca Selanjutnya: Sungai Boyong...

Halaman

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami