6 Cara Melupakan Mantan dengan Cepat, Dijamin Move On

6 Cara Melupakan Mantan dengan Cepat, Dijamin Move On
Ilustrasi cinta. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/jakkapan
JATENG | 30 Mei 2020 14:22 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Seseorang yang pernah mengalami putus cinta terkadang harus menyisakan air mata. Perpisahan yang tidak diharapkan selalu menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Tak terkecuali oleh seseorang yang telah menjalin hubungan percintaan bertahun-tahun dan harus berpisah karena berbagai macam permasalahan.

Menjalani kehidupan sehari-hari setelah putus cinta memang bukan suatu perkara yang mudah. Pasalnya kerap kali kita harus dihadapkan dengan berbagai macam kenangan saat masih menjalin hubungan. Maka tak heran apabila seseorang menjadi sulit untuk dapat melupakan mantan kekasih.

Tidak hanya itu, sering kali seseorang setelah mengalami putus cinta menjadi kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan bayang-bayang mantan terkadang kerap kali menghampiri. Sehingga akan membuat hati terasa sakit dan sulit untuk melupakannya.

Akan tetapi jangan khawatir, semua masalah yang ada di kehidupan ini akan terurai dan selesai dengan sendiri nya. Berbagai macam persoalan pasti akan selalu ada jalan keluarnya. Lalu bagaimana cara melupakan mantan dengan cepat? Simak cara melupakan mantan agar cepat move on berikut ini.

2 dari 7 halaman

Hapus Kenangan Bersama Mantan

di tempat tidur
©2018 www.pixabay.com

Cara melupakan mantan yang pertama ialah menghapus kenangan bersama mantan. Di era digital seperti saat ini, hampir dapat dipastikan seseorang yang menjalin hubungan pernah foto bersama mantan kekasih. Untuk menghindari bayang-bayang mantan tersebut sebaiknya menghapus semua kenangan bersama mantan.

Seringkali hal-hal yang mengingatkan mantan disebabkan karena hal-hal kecil seperti benda pemberian mantan, tempat, waktu, dan koleksi foto. Oleh karena itu cara terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan cara membuang atau menghapus foto dan benda-benda yang berpotensi mengingatkan kenangan.

3 dari 7 halaman

Mencari Kesibukan Baru

ilustrasi bekerja©2019 Merdeka.com/Pexels

Seseorang yang sulit melupakan mantan biasanya dipicu karena banyaknya waktu yang dihabiskan sendirian. Saat sendiri itulah terkadang bayang-bayang mantan kerap kali hadir dan menyakitkan hati. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya mencari kesibukan atau aktivitas baru.

Lakukan semua hal yang menjadi hobi atau bakat yang Anda miliki. Mungkin banyak kegiatan yang tertunda selama ini dan tidak dapat dikerjakan. Inilah saatnya bergerak dan melakukan hal-hal baru untuk meraih cita-cita yang Anda inginkan.

Cara melupakan mantan dengan melakukan aktivitas baru menjadi salah satu cara paling efektif hingga saat ini. Seseorang ketika sibuk dengan berbagai macam kegiatan cenderung dapat dengan mudah melupakan mantan.

4 dari 7 halaman

Membuka Hati Kembali

011 hikmah wilda amalia©2015 Merdeka.com

Seseorang yang baru saja putus cinta memang sulit untuk membuka hati kembali untuk orang lain. Akan tetapi, apabila hal ini dilandasi dengan kesadaran bahwa setiap orang harus selalu siap dengan segala sesuatu yang bisa terjadi, maka hal ini bukanlah suatu hal yang sulit. Kesadaran akan selalu ada perpisahan dari setiap pertemuan menjadi poin penting untuk dapat membuka hati kembali untuk orang lain.

Di samping itu, Anda juga harus menyadari bahwa membuka hati kembali adalah bagian proses dari melupakan semua kejadian masa lalu yang kerap kali menyakitkan hati. Dengan berbagi bersama orang baru seperti ini dapat mengobati semua luka yang pernah Anda rasakan sebelumnya.

5 dari 7 halaman

Memblokir Semua Akun Sosial Media Mantan

004 indra cahya© The Next Web

Cara melupakan mantan berikutnya ialah memblokir semua akun media sosial milik mantan. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari berbagai macam kegiatan mantan yang dapat membuat Anda sulit untuk melupakannya. Mungkin cara ini terlihat sederhana, akan tetapi dibutuhkan keberanian untuk melakukannya.

Mulai semua ini dengan keberanian dan mengubah sudut pandang bahwa ada saatnya setiap orang harus ikhlas menerima kenyataan. Dengan kesadaran bahwa semua ini dilakukan semata-mata demi kebaikan bersama, maka cara ini cukup efektif untuk melupakan mantan.

6 dari 7 halaman

Berdamai dengan Kenyataan

ilustrasi meditasi©Shutterstock/Alexander Tihonov

Salah satu cara yang dianggap paling sulit untuk melupakan mantan ialah berdamai dengan kenyataan. Berdamai dengan kenyataan berarti sanggup dengan ikhlas menerima semua kenyataan yang Anda alami. Mungkin ini terdengar tidak mudah, akan tetapi ada saatnya setiap orang merelakan atas semua hal yang pernah dimiliki.

Setiap orang harus percaya bahwa semua hal yang terjadi, akan selalu ada hikmah di dalamnya. Tidak perlu takut untuk melanjutkan perjalanan hidup kembali, sebab akan selalu ada orang-orang baru yang akan membuat hidup Anda kembali bahagia. Semua hanya persoalan waktu, jalani dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

7 dari 7 halaman

Berdoa Kepada Tuhan

ilustrasi berdoa di gereja©Shutterstock.com/ Aubord Dulac

Cara melupakan mantan berikutnya ialah berdoa kepada Tuhan agar selalu diberikan jalan terbaik. Salah satu tempat terbaik untuk mengadu dan bercerita tentang segala hal yang Anda sedang alami adalah adalah Tuhan. Sampaikan semua keluh kesah dan persoalan hidup kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain dapat mendekatkan diri kepada-Nya, cara seperti ini juga dapat menguatkan dari berbagai hal yang sedang Anda alami. Sehingga hati dan perasaan akan jauh lebih baik dan merasa tentram. (mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami