6 Cara Mencegah Banjir dengan Baik, Sistem Drainase Menjadi Unsur Penting

6 Cara Mencegah Banjir dengan Baik, Sistem Drainase Menjadi Unsur Penting
JATENG | 4 Agustus 2020 14:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, banjir merupakan salah satu bencana yang sering kali mengancam masyarakat di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Apalagi saat musim hujan tiba, derasnya debit air yang mengguyur wilayah perkotaan dapat menyebabkan genangan air hingga setinggi lutut orang dewasa. Akibatnya, jalan raya, pertokoan, hingga perkampungan terendam banjir akibat hujan.

Kondisi banjir akan semakin parah ketika sistem peresapan air di perkotaan masih terbilang minim. Belum lagi, jika terjadi kerusakan pada salah satu bagiannya. Bukan hanya itu, air genangan banjir akan semakin tinggi ketika sungai dan selokan tersumbat oleh berbagai macam sampah. Sehingga tidak heran jika banjir yang terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta bisa mencapai tinggi dada orang dewasa.

Dengan begitu, perlu dilakukan berbagai cara mencegah banjir agar kondisi lingkungan bisa tetap terjaga. Setidaknya, dengan menerapkan berbagai upaya pencegahan, bencana banjir dapat lebih ditekan di setiap tahunnya. Hal ini juga perlu didukung oleh seluruh masyarakat untuk bisa mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih baik, yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, diperlukan pula kesadaran masyarakat tentang cara mencegah banjir dengan baik. Salah satunya dengan mengetahui dan memahami sistem drainase yang baik untuk mencegah terjadinya banjir. Dilansir dari laman eSchool Today, berikut kami telah merangkum beberapa cara mencegah banjir dengan baik yang perlu Anda ketahui:

Baca Selanjutnya: Tembok Penahan Luapan Air Laut...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami