6 Cara Menggunakan VPN Gratis pada Komputer, Mudah Dipraktikkan

6 Cara Menggunakan VPN Gratis pada Komputer, Mudah Dipraktikkan
JATENG | 29 Juni 2020 17:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Virtual Private Network atau yang bisa disingkat dengan VPN, merupakan metode akses internet yang biasanya digunakan sebagai metode perlindungan data identitas pribadi maupun perusahaan. Penggunaan VPN ini umumnya dilakukan dengan memblokir alamat IP yang digunakan dan mengarahkan ke alamat IP lain. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pihak ketiga tidak bisa melacak atau mengakses data yang sedang dijelajahi.

Bukan hanya itu, VPN juga digunakan untuk mengakses situs layanan yang tidak tersedia. Dalam hal ini, Anda masih dapat mengakses situs web yang tidak tersedia di daerah Anda dengan mudah, melalui penggunaan VPN. Di samping itu, penggunaan VPN juga mampu memberikan perlindungan pengguna terhadap peretas, terutama saat sedang menggunakan layanan Wi-Fi umum.

Cara menggunakan VPN bisa diakses melalui ponsel maupun komputer. Tidak perlu khawatir, dalam hal ini Anda masih dapat menggunakan layanan VPN tanpa membayar alias gratis. Bagi yang penasaran dan ingin mencoba, bisa mencoba beberapa cara menggunakan VPN berikut. Dilansir dari situs Wikihow, berikut kami telah merangkum beberapa cara menggunakan VPN gratis pada komputer yang bisa Anda coba.

1 dari 6 halaman

Memilih VPN Gratis

fungsi vpn

Brilio.net ©2020 Merdeka.com

Cara menggunakan VPN gratis yang pertama tentu saja memilih layanan VPN gratis terlebih dahulu. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan layanan VPN gratis seperi VPN Gate, Tunnel Bear, dan Starter VPN. VPN ini dapat digunakan pada komputer Windows, Mac, tablet, atau juga ponsel. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa beberapa layanan VPN gratis membatasi kuota akses, sehingga harus membeli kuota tambahan jika akan mengakses lebih banyak situs dengan penggunaan data yang lebih besar.

Mengunduh VPN

Cara menggunakan VPN gratis selanjutnya adalah mengunduh program VPN. Ini dilakukan dengan mengunjungi situs layanan VPN yang telah dipilih. Setelah itu, pada tampilan pertama akan muncul menu download atau unduh pada situs tersebut. Klik tombol donwnload yang tertera, lalu ikuti panduan situs satu per satu. Perlu dipastikan sebelumnya, bahwa komputer yang Anda miliki kompatibel untuk mengakses program VPN.

2 dari 6 halaman

Memasang Program VPN pada Komputer

Setelah mengunduh program VPN, cara berikutnya adalah memasang atau menginstal program VPN pada komputer. Buka folder aplikasi yang telah tersimpan pada komputer, lalu ikuti panduan pemasangan program yang muncul pada layar dengan baik. Beberapa program VPN seperti Cyberghost, tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk mengaksesnya. Namun, beberapa program VPN yang lain akan mengharuskan Anda mendaftra dengan menggunakan email.

Bagi Anda pengguna komputer Windows, program VPN bisa segera diinstal dengan membuka berkas EXE dan mengikuti setiap panduan yang diberikan. Sedangkan jika Anda menggunakan Mac, perlu membuka berkas .dmg terlebih dahulu kemudian menarik berkas tersebut ke folder aplikasi.

Selain itu, jika Mac menggunakan kata sandi, maka Anda akan diminta memasukkan kata sandi saat pertama kali membuka aplikasi VPN. Ini menjadi salah satu cara menggunakan VPN gratis pada komputer yang perlu diperhatikan.

3 dari 6 halaman

Baca Aturan Penggunaan VPN

fungsi vpn

Liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Sebelum menjalankan program VPN, sebaiknya baca aturan penggunaan VPN terlebih dahulu. Khususnya, bagi yang menggunakan VPN untuk kepentingan pribadi maka hal ini penting dilakukan. Pada beberapa layanan VPN gratis, biasanya akan menyertakan aplikasi pihak ketiga yang akan membatasi akses dengan kuota. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui layanan VPN yang diberikan, kewajiban apa yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan layanan, serta infomasi apa saja yang dikumpulkan oleh penyedia layanan.

4 dari 6 halaman

Buka Program VPN

Cara menggunakan VPN gratis selanjutnya tidak lain adalah tahap membuka program. VPN yang telah terpasang pada komputer bisa segera dijalankan dengan membuka program terlebih dahulu. Dalam hal ini, Anda bisa segera memencet ikon aplikasi VPN yang muncul pada layar desktop komputer. Jika tidak muncul, bisa dengan klik ikon Windows pada pojok kiri, lalu pilih menu Program. Sedangkan bagi pengguna Mac, bisa membuka aplikasi di folder Applications.

5 dari 6 halaman

Ikuti Panduan di Layar

fungsi vpn

Liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Cara menggunakan VPN gratis langkah berikutnya adalah mengikuti panduan yang muncul pada layar. Pada layanan VPN seperti Cyberghost bisa diakses dengan cukup menekan tombol kuning yang muncul di tengah aplikasi.

Sedangkan pada layanan Tunnerbear, biasanya mengharuskan pengguna untuk membuat akun terlebih dahulu. Dalam hal ini, biasanya Anda harus mengisi nama pengguna dan kata sandi yang akan digunakan untuk mendaftar dan membuat akun. Setelah itu, ikuti setiap panduan atau prosedur yang muncul pada layar satu per satu.

6 dari 6 halaman

Jalankan VPN

Setelah berhasil membuat akun, maka program VPN gratis bisa segera digunakan. Perlu diketahui, pada layanan VPN gratis biasanya akan membatasi kuota akses. Dengan begitu, sebaiknya VPN digunakan pada waktu tertentu saja. Terutama saat memerlukan koneksi aman, misalnya ketika sedang menggunakan Wi-Fi umum seperti di kafe atau tempat-tempat lain. Selain itu, VPN juga bisa digunakan untuk menonton Netflix di negara lain yang tidak bisa diakses di daerah Anda. Ini merupakan salah satu cara menggunakan VPN gratis yang sayang untuk dilewatkan.

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami