6 Cara Menggunakan VPN Gratis pada Komputer, Mudah Dipraktikkan

6 Cara Menggunakan VPN Gratis pada Komputer, Mudah Dipraktikkan
Fungsi VPN. Liputan6.com ©2020 Merdeka.com
JATENG | 29 Juni 2020 17:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Virtual Private Network atau yang bisa disingkat dengan VPN, merupakan metode akses internet yang biasanya digunakan sebagai metode perlindungan data identitas pribadi maupun perusahaan. Penggunaan VPN ini umumnya dilakukan dengan memblokir alamat IP yang digunakan dan mengarahkan ke alamat IP lain. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pihak ketiga tidak bisa melacak atau mengakses data yang sedang dijelajahi.

Bukan hanya itu, VPN juga digunakan untuk mengakses situs layanan yang tidak tersedia. Dalam hal ini, Anda masih dapat mengakses situs web yang tidak tersedia di daerah Anda dengan mudah, melalui penggunaan VPN. Di samping itu, penggunaan VPN juga mampu memberikan perlindungan pengguna terhadap peretas, terutama saat sedang menggunakan layanan Wi-Fi umum.

Cara menggunakan VPN bisa diakses melalui ponsel maupun komputer. Tidak perlu khawatir, dalam hal ini Anda masih dapat menggunakan layanan VPN tanpa membayar alias gratis. Bagi yang penasaran dan ingin mencoba, bisa mencoba beberapa cara menggunakan VPN berikut. Dilansir dari situs Wikihow, berikut kami telah merangkum beberapa cara menggunakan VPN gratis pada komputer yang bisa Anda coba.

Baca Selanjutnya: Memilih VPN Gratis...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami