6 Cara Move On dari Mantan, Ampuh Hilangkan Kenangan Masa Lalu

6 Cara Move On dari Mantan, Ampuh Hilangkan Kenangan Masa Lalu
6 Cara Move On dari Mantan, Ampuh Hilangkan Kenangan Masa Lalu. ©2020 Merdeka.com
JATENG | 25 Februari 2020 09:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Patah hati merupakan kemungkinan risiko yang tidak dapat terhindarkan bagi seseorang yang menjalin hubungan asmara dengan orang yang terkasih. Bahkan bila hubungan sudah tidak dapat dipertahankan lagi, perpisahan menjadi hal terburuk yang harus dihadapi, sekalipun kedua belah pihak tidak menginginkannya.

Setelah memutuskan untuk berpisah, hari-hari berikutnya pun menjadi terasa sulit untuk dijalani. Tidak dapat dipungkiri, kenangan manis masa lalu bersama sang mantan kekasih sering kali muncul di dalam pikiran secara tiba-tiba. Tentu ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena suasana hati yang masih kalut.

Walaupun tidak mudah, tetapi hidup akan terus berjalan. Tidak baik jika membiarkan diri sendiri terus terlarut dalam suasana sedih karena masa lalu. Bahagia juga akan sulit didapatkan jika tidak melatih diri untuk bangkit menjalani hidup. Move on merupakan proses yang baik untuk mulai merelakan dan menata diri sendiri untuk menghadapi masa depan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk move on dari sang mantan kekasih.

2 dari 7 halaman

Curhat dan Cari Dukungan Teman atau Kerabat Dekat

Di awal-awal mengakhiri hubungan dengan sang mantan kekasih merupakan hal berat yang tidak mudah dilalui. Kenangan masa lalu yang kerap muncul semakin membuat perasaan menjadi sedih dan kalut. Ada baiknya jika kamu mencari teman untuk mencurahkan isi hatimu dan menceritakan semua keluh kesahmu. Dengan begitu, kamu bisa meluapkan emosi yang mengganjal dalam hati.

Dengan bercerita, emosi dan pikiran yang dapat diluapkan akan membuat suasana hati dan pikiran menjadi lebih baik. Setidaknya dengan bercerita, beban yang dirasakan akan jauh lebih berkurang. Selain itu, dengan bercerita dengan teman atau kerabat dekat akan mengalir dukungan-dukungan positif untuk terus maju.

3 dari 7 halaman

Terima dengan Rasa Syukur

ilustrasi bersyukur
shutterstock.com/marekuliasz

Satu hal yang perlu disadari, bahwa perpisahan bukan selamanya menjadi hal buruk. Bisa jadi perpisahan menjadi jalan terbaik yang ditunjukkan Tuhan bahwa kamu pantas mendapatkan seseorang yang benar-benar kamu butuhkan. Selain itu, dengan adanya perpisahan juga bisa menjadi pengalaman hidup bahwa tidak mudah menghadapi manusia dengan segala karakter yang dimilikinya.

Bukan hanya itu, bahkan dengan adanya perpisahan bisa menjadi momen untuk mengevaluasi diri dan memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik jika kelak kembali menjalin hubungan dengan seseorang. Perpisahan akan lebih baik diterima dengan rasa syukur, karena selalu ada hal baik yang bisa dipetik dari segala sesuatu yang telah terjadi.

4 dari 7 halaman

Stop Stalking Mantan dari Media Sosial

6 cara move on dari mantan ampuh hilangkan kenangan masa lalu
2020 Merdeka.com

Salah satu kebiasaan yang membuat diri sulit move on tidak lain karena kebiasaan stalking atau mencari tahu keseharian yang dilakukan mantan melalui media sosial. Ketika kebiasaan ini tidak segera dihentikan, pikiran akan terus terbayang dengan masa lalu. Bahkan belum lagi jika sang mantan sudah mulai move on, pasti rasa iri akan muncul.

Dengan begitu, perlu menghentikan kebiasaan buruk stalking mantan melalui media sosial. Karena semakin banyak melihat, akan semakin banyak teringat. Bahkan sah-sah saja jika ingin berhenti mengikuti kesehariannya dengan cara unfollow akun media sosialnya. Ini bisa menjadi cara terbaik untuk lebih fokus pada diri sendiri.

5 dari 7 halaman

Fokus dengan Apa yang Sedang Dikerjakan

Fokus dengan apa yang sedang dikerjakan juga bisa menjadi cara untuk sedikit demi sedikit melupakan kenangan masa lalu bersama mantan. Jika kamu masih sekolah atau kuliah, akan lebih baik jika kamu fokus dengan pelajaran atau materi kuliah serta tugas-tugas dan ujian yang harus kamu kerjakan. Atau jika kamu sedang bekerja, fokus dengan pekerjaan di kantor bisa menjadi cara baik untuk mengisi pikiran lebih positif dan produktif.

Selain dapat menjadi cara menghilangkan kenangan mantan, cara ini juga akan mendatangkan manfaat positif lain. Misalnya bisa mendapatkan nilai bagus dari pelajaran atau mata kuliah yang diambil, kinerja di kantor semakin lebih baik yang bisa jadi mendatangkan pujian atau bahkan promosi dari atasan. Hal ini mungkin saja terjadi, karena jika sesuatu dikerjakan dengan fokus dan maksimal maka akan mendatangkan hasil yang baik.

6 dari 7 halaman

Manfaatkan Waktu Luang untuk Melakukan Hobi

Waktu luang yang dimiliki jika tidak digunakan dengan kegiatan yang produktif maka bukan tidak mungkin menjadi celah bagi pikiran untuk teringat kenangan masa lalu dengan mantan. Waktu luang akan lebih baik jika diisi dengan kegiatan yang produktif, sehingga pikiran juga akan terisi oleh hal-hal yang positif. Ini bisa menjadi waktu terbaik untuk melakukan hobi yang sempat ditinggalkan semasa masih menjalani pacaran. Dengan melakukan hobi, pikiran akan lebih rileks dan suasana hati pun akan menjadi lebih baik karena melakukan hal yang disukai.

7 dari 7 halaman

Gunakan Kualitas Waktu Bersama Keluarga dan Teman

6 cara move on dari mantan ampuh hilangkan kenangan masa lalu
2020 Merdeka.com

Dengan menyandang kembali status single, bukan berarti tidak mempunyai hidup yang menarik untuk dijalani. Dengan adanya status ini, bisa menjadi kesempatan untuk merekatkan lagi hubungan dengan keluarga dan teman terdekat yang mungkin dulu sempat ditinggalkan karena lebih banyak memberikan waktu kepada pasangan. Ini menjadi kesempatan baik untuk menghabiskan waktu terbaik bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Seolah koneksi yang sempat hilang bisa terhubung kembali dengan baik.

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami