6 Fakta di Balik Lagu Gelas-Gelas Kaca, Nia Daniati Sebut Bukan Lagu Cinta

6 Fakta di Balik Lagu Gelas-Gelas Kaca, Nia Daniati Sebut Bukan Lagu Cinta
nia daniaaati. Youtube - Rian Ekky Pradipta
JATENG | 18 Agustus 2020 13:56 Reporter : Denny Marhendri

Merdeka.com - Mengawali karier pada tahun 1980-an, Nia Daniati mulai dikenal setelah menyanyikan lagu-lagu ciptaan Rinto Harahap. Nia memulai debutnya dengan membawakan lagu 'Orang Ketiga' dan 'Gelas-Gelas Kaca' pada tahun 1985.

Lebih dari tiga dekade, ternyata 'Gelas-Gelas Kaca' adalah lagu hits sepanjang masa yang pernah diciptakan oleh Rinto Harahap dan dinyanyikan oleh Nia Daniati.

Baru-baru ini, Nia Daniati mengungkapkan berbagai fakta di balik lagu tersebut yang melambungkan namanya itu:

2 dari 7 halaman

Julukan

nia daniaaati
Youtube - Rian Ekky Pradipta

Fakta tentang lagu Gelas-Gelas Kaca ini, diungkapkan oleh Nia Daniati dalam video perbincangan bersama Rian Ekky Pradipta yang diunggah di kanal YouTube pribadi Rian, Jumat (14/8). Dalam kesempatan itu, Rian menceritakan fakta yang diketahuinya dari piringan hitam yang dimilikinya.

"Aku jujur taunya pas di album 'Gelas-Gelas Kaca' ini. Ini kan terkenal banget nih, sampai ada julukan 'Si Gelas-Gelas Kaca'," jelas Rian.

"Iya. Untung saja nggak 'Si Gelas-Gelas Kaca Pecah'," jawan Nia Daniati dengan tertawa.

3 dari 7 halaman

Bukan Lagu Cinta

nia daniaaatiYoutube - Rian Ekky Pradipta

Setelannya, Nia menceritakan bahwa memercayai cerita di balik beberapa lagu terkenal pada saat itu. Nia juga mengungkapkan bahwa 'Gelas-Gelas Kaca' bukanlah lagu cinta.

"Tapi padahal 'Gelas-Gelas Kaca' bukan tentang cinta loh," ungkap Nia Daniati.

4 dari 7 halaman

Untuk Anak Yatim Piatu

nia daniaaatiYoutube - Rian Ekky Pradipta

Ternyata di balik lagu hits sepanjang masa ini, ada cerita menyedihkan. Nia menjelaskan bahwa lagu tersebut bercerita tentang anak-anak yang ditinggalkan oleh orang tuanya.

"Itu tentang apa ya?" Rian bertanya.

"Tentang anak-anak yatim piatu," Nia Daniati menjelaskan.

5 dari 7 halaman

Inspirasi Lagu

Nia juga menceritakan momen saat Ia bersama mendiang Rinto Harahap berkunjung ke salah satu panti asuhan yang berada di Jakarta. Ternyata di dalam panti asuan tersebut ruangannya dikelilingi oleh kaca.

"Jadi waktu itu saya pergi dengan almarhum Bang Rinto dan teman-teman artis lainnya ke salah satu panti asuhan di (jalan) Barito, Sayap Ibu. Jadi semuanya itu dikelilingi oleh kaca jadi susternya nggak memenuhi untuk menjaga anak-anak itu," ucap Nia Daniati.

6 dari 7 halaman

Mengadu dengan Kaca

nia daniaaatiAkurama Records - Gelas Gelas Kaca

Kemudian, mendiang Rinto Harahap melihat anak-anak tersebut yang menangis di depan kaca. Seolah mereka mengadu dengan berhadapan di kaca-kaca yang mengelilingi mereka.

"Jadi anak-anak itu gini, kalau nangis mereka hanya bisa ngadunya sama kaca. Itu rintihan anak-anak yatim piatu yang ada di ruangan berkaca semua," tutur Nia Daniati.

7 dari 7 halaman

Piringan Hitam

Sedangkan album 'Gelas-Gelas Kaca' tersebut pertama kali dirilis dengan format piringan hitam yang berisi delapan lagu (4 sisi A dan 4 untuk sisi B).

Diproduksi oleh Akurama Records, sampai sekarang piringan hitam tersebut masih menjadi incaran para kolektor rilisan fisik. (mdk/dem)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami