6 Wisata Gunung Kelud yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi

6 Wisata Gunung Kelud yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi
Gunung Kelud. © Wisatanesia
JATENG | 18 Juni 2022 10:23 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Wisata Gunung Kelud menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Setelah meletus beberapa tahun lalu, Gunung Kelud menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi saat hari libur. Keindahan panorama pegunungan yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Wisata Gunung Kelud terdiri dari beberapa destinasi yang berbasis alam pegunungan. Banyaknya pepohonan hijau di sekitar gunung, membuat suasana begitu sejuk dan tampak masih asri. Untuk itu, wisata Gunung Kelud menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan hari libur.

Bagi Anda yang tengah berada di Kediri dan sekitarnya, ada baiknya untuk menyempatkan diri untuk mengunjungi Gunung Kelud. Berikut sejumlah wisata Gunung Kelud yang merdeka.com rangkum dari Liputan6.com dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Puncak Gunung Kelud

gunung kelud

Merdeka.com/Arie Basuki

Puncak Gunung Kelud dan kawahnya menjadi salah satu titik wisata yang wajib Anda kunjungi. Setelah letusan pada 2014 lalu, kondisi puncak Gunung Kelud telah berubah. Saat ini, ada danau kawah yang suasananya mirip dengan Danau Kelimutu.

Kawah Gunung Kelud ini dikelilingi oleh tiga puncak utama, yaitu puncak kelud, puncak sumbing, dan puncak gajah mungkur. Para wisatawan yang ingin berkunjung ke puncak Gunung Kelud, sebaiknya datang saat matahari terbit. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat indahnya sunrise dari puncak Gunung Kelud.

Kampung Durian

Wisata Gunung Kelud yang bisa Anda kunjungi selanjutnya, yaitu Kampung Durian. Obyek wisata ini menawarkan banyak fasilitas yang cukup lengkap. Ada sekitar 30 pohon durian yang bisa Anda nikmati sepuasnya.

Nantinya, para wisatawan akan mendapatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai macam jenis durian. Selain itu, wisatawan juga bisa mempelajari tentang cara menanam durian hingga mengolahnya. Bahkan, pengunjung juga bisa mencicipi hasil olahan durian, mulai dari kolak durian, ketan durian, hingga pancake durian.

Flying Fox Gunung Kelud

Flying Fox Gunung Kelud bisa menjadi wahana menarik yang bisa Anda coba. Wisata satu ini dibuka sejak letusan Gunung Kelud beberapa tahun lalu. Dengan adanya wahana ini, diharapkan pengunjung bisa tertarik datang kembali mengunjungi Gunung Kelud.

Flying Fox Gunung Kelud memiliki lintasan sepanjang 100 meter. Nantinya, Anda bisa menikmati panorama keindahan alam pegunungan yang tentunya bisa membuat perasaan menjadi lepas dan lega dari segala rutinitas.

3 dari 3 halaman

Air Panas Gunung Kelud

gunung kelud
2.bp.blogspot

Selain dapat menikmati keindahan alam yang memesona, Anda juga berendam air panas. Wisata Gunung kelud satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghangatkan badan. Apalagi udara di gunung yang dingin tentu akan membuat berendam di air panas semakin menyenangkan.

Air panas ini bersumber dari mata air yang terbentuk secara alami di Gunung Kelud. Air panas alami tersebut menyatu dengan aliran sungai, sehingga pertemuan dari keduanya menciptakan air hangat yang nyaman untuk berendam.

Jalan Misteri Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud selanjutnya, yaitu jalan misteri. Di tempat ini, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan yang begitu indah dari dataran tinggi dan udara yang segar. Uniknya, di jalan misteri ini, kendaraan akan tetap bisa berjalan meski dimatikan, padahal jalan ini terlihat menanjak.

Fenomena kendaraan yang dapat berjalan walaupun mesin dimatikan itu menjadi salah satu penarik wisatawan untuk berkunjung ke wisata Gunung Kelud. Anda bisa mencoba jalan misteri ini terlebih dahulu sebelum mengunjungi wisata Gunung Kelud lainnya.

Bukit Kura-Kura Ongakan

Bukit Kura-Kura Ongakan menjadi salah satu destinasi wisata Gunung Kelud yang wajib Anda kunjungi. Bukit ini menawarkan panorama keindahan alam yang indah dan menakjubkan.

Selain itu, bukit yang berada di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kediri ini juga terdapat gugusan bukit berjajar bagaikan tempurung kura-kura. Banyaknya pepohonan yang tubuh di sekitar, membuat bukit ini tampak begitu cantik dan asri.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini