7 Fakta Situs Liyangan, Bekas Pemukiman Kuno yang Terkubur Letusan Gunung Sundoro

7 Fakta Situs Liyangan, Bekas Pemukiman Kuno yang Terkubur Letusan Gunung Sundoro
JATENG | 16 Juli 2020 12:55 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Situs Liyangan merupakan sebuah situs pemukiman kuno yang berada di Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. Pada awalnya, situs itu terkubur di atas lahan pertambangan pasir milik warga.

Namun sejak ditemukannya pada 2008, tempat itu menjadi sebuah situs yang mengagumkan, hingga banyak ilmuwan yang terus melakukan penelitian di tempat itu. Mereka mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan besar yang belum terungkap tentang kehidupan masa lalu.

Penemuan pertama pada tahun 2008 mengungkapkan adanya talud, yoni, arca, dan batu-batu candi di situs itu. Selanjutnya, ditemukan pula bangunan candi yang tinggal bagian kakinya saja. Di atas kaki candi itu, ditemukan sebuah yoni yang memiliki bentuk unik.

Penelitian selanjutnya yang dilakukan Balai Arkeologi Yogyakarta pada periode tahun 2010-2011 mengungkapkan situs tersebut sebenarnya bukan merupakan kompleks percandian. Namun merupakan sebuah desa kuno di zaman Mataram Kuno yang terkubur selama ratusan bahkan ribuan tahun. Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Penemuan Situs Liyangan...

Halaman

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami