7 Jenis Makanan yang harus Dihindari saat Sarapan, Perlu Diketahui

7 Jenis Makanan yang harus Dihindari saat Sarapan, Perlu Diketahui
Ilustrasi sarapan. ©Shutterstock.com/Olga Miltsova
JATENG | 22 Oktober 2021 07:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Sarapan merupakan salah satu kegiatan rutin yang penting dilakukan setiap hari. Bukan tanpa alasan, konsumsi makanan di pagi hari dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh sebagai bekal untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. Dengan begitu, tubuh akan lebih berstamina dan bersemangat sehingga siap menjalani rutinitas harian.

Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan asupan yang sehat dari menu makanan yang dikonsumsi saat sarapan. Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan. Mulai dari sereal manis, pancake, roti bakar mentega, jus buah, yogurt, hingga granola atau oats bar.

Beberapa jenis makanan ini memang sering kali disebut sebagai menu sarapan praktis yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Namun ternyata jenis makanan ini dinilai tidak mampu memberikan nutrisi dan asupan energi yang cukup sebagai bekal untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Bukan hanya itu, terdapat beberapa alasan lain mengapa beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan berikut perlu Anda perhatikan. Lalu jenis makanan apa saja yang baik dikonsumsi sebagai menu sarapan di pagi hari.

Dilansir dari Healthline, berikut kami merangkum beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan dan rekomendasi lainnya, perlu Anda ketahui.

2 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang harus Dihindari saat Sarapan : Seral dan Pancake

ilustrasi sereal
©Shutterstock.com/shyshak roman

Sereal Manis

Jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan yang pertama adalah sereal manis. Perlu diketahui bahwa menu sarapan sereal manis mempunyai kandungan gula yang tinggi. Tentu ini dapat mempengaruhi sistem kerja hormon insulin penurun gula darah.

Akibatnya, konsumsi sereal manis sering dikaitkan dengan risiko iritabilitas dan rasa lapar yang lebih cepat. Meskipun terdapat beberapa produk yang menawarkan kandungan gula lebih rendah, namun tetap sama saja, ini bukan ide sarapan sehat yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Pancake

Jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan berikutnya yaitu pancake. Sajian pancake dibuat dari bahan tepung putih halus yang kemudian ditaburi mentega atau disiram sirup manis di atasnya. Hidangan ini dinilai mempunyai kandungan kalori, lemak, dan gula yang lebih tinggi.

Bukan hanya itu, makanan ini juga memiliki kandungan protein dan serat yang lebih rendah, padahal kedua kandungan ini dibutuhkan untuk memberikan energi dan rasa kenyang lebih lama saat sarapan. Sehingga jika dikonsumsi rutin setiap hari, menu pancake ini dapat mempengaruhi gula darah dan meningkatkan risiko penambahan berat badan yang perlu diwaspadai.

3 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang harus Dihindari saat Sarapan : Roti Panggang dan Muffin

Roti Bakar Mentega

Jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan juga termasuk roti bakar mentega. Ini memang merupakan menu sarapan praktis dan lezat untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, hidangan ini tidak dapat memberikan energi yang cukup sebagai bekal untuk melakukan aktivitas harian.

Selain itu, sebagian besar kandungan dari makanan ini hanya berupa karbohidrat dan lemak yang hanya memberikan rasa kenyang sementara. Dengan begitu, menu sarapan praktis dan lezat yang sehari-hari dikonsumsi belum menjamin pemenuhan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Muffin

Muffin juga termasuk salah satu jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan. Sama halnya dengan pancake, muffin dibuat dari bahan tepung putih halus yang diberikan minyak serta gula dalam jumlah yang banyak.

Sehingga sajian ini hanya mengandung karbohidrat, lemak, dan gula yang tidak dapat memberikan asupan energi secara optimal. Selain itu, muffin juga rendah protein dan serat yang seharusnya dibutuhkan tubuh. Jika ini termasuk menu yang sering kali Anda konsumsi saat sarapan, sebaiknya dibatasi dan ganti dengan menu makanan lain yang lebih sehat.

4 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang harus Dihindari saat Sarapan : Jus Buah dan Yogurt

ilustrasi jus jeruk
©Pixabay/JESHOOTS-com

Jus Buah

Jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan juga termasuk jus buah. Jus buah memang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun faktanya, konsumsi jus buah sebagai menu sarapan tidak memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Jus buah juga rendah serat dan tinggi gula, sehingga ini dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Dengan begitu, sebaiknya jadikan jus buah sebagai menu pendamping makanan lain saat sarapan, sehingga bisa saling melengkapi.

Yogurt

Jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan selanjutnya yaitu yogurt. Meskipun sumber protein dan probiotik yang baik, namun beberapa jenis yogurt mengandung gula tambahan yang cukup tinggi.

Hal inilah yang menjadikannya sebagai pilihan yang kurang sehat jika dikonsumsi saat sarapan setiap hari. Terlebih lagi, beberapa jenis yogurt juga telah menghilangkan sebagian besar atau semua kandungan lemaknya.

Tidak heran, jika makanan ini tidak memberikan efek kenyang yang cukup saat dikonsumsi. Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi greek yogurt yang kaya lemak dan tanpa pemanis untuk sarapan yang lebih sehat dan mengenyangkan.

5 dari 5 halaman

Rekomendasi Menu Sehat

Granola atau Oats Bar

Jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan terakhir yaitu granola atau oats bar. Sering kali ini disebut sebagai alternatif camilan sehat yang dapat memberikan rasa kenyang. Sehingga tak heran, banyak orang memilih konsumsi ini sebagai menu sarapan praktis.

Namun sayangnya, sebagian besar granola dan oats bar diolah dengan gula tambahan yang cukup banyak. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin setiap hari akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Terutama bagi penderita diabetes, tentu ini menjadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari.

Rekomendasi Menu Sarapan Sehat

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sarapan, terakhir kami akan memberikan beberapa rekomendasi menu sarapan sehat yang bisa menjadi pilihan Anda.

Beberapa menu ini mempunyai kandungan protein dan serat yang cukup bagi tubuh untuk memberikan energi dan rasa kenyang lebih lama sebagai bekal beraktivitas. Berikut beberapa rekomendasi menu sarapan sehat yang bisa Anda konsumsi sehari-hari :

  • Telur dadar dengan bayam, kentang, tomat, dan keju mozzarella
  • Roti gandum utuh dengan alpukat dan telur
  • Greek yogurt polos penuh lemak dengan buah segar, kacang-kacangan, dan sedikit madu
  • Pancake pisang, dibuat dengan menggabungkan satu pisang tumbuk dengan dua telur kocok
  • Smoothie buah dan sayuran segar atau beku dengan satu sendok bubuk protein
  • Setengah dari bagel gandum utuh besar dengan krim keju, salmon asap, dan bayam
  • Overnight oats, dibuat dari campuran oat, Greek yogurt penuh lemak, dan buah beri segar atau beku
  • Irisan apel segar dengan selai kacang
  • Sandwich atau burrito dengan muffin atau tortilla gandum utuh, telur, keju, alpukat, dan saus salsa
(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami