7 Jenis Sepeda yang Populer, Kenali Fungsinya Sebelum Membeli

7 Jenis Sepeda yang Populer, Kenali Fungsinya Sebelum Membeli
Ilustrasi sepeda. ©Pixabay/SarahNic
JATENG | 24 Juni 2020 08:10 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang paling ramah lingkungan di dunia. Jenis transportasi yang tidak memerlukan bahan bakar ini sudah populer di Indonesia sejak masa kolonial Belanda. Awalnya, sepeda hanya dapat dinikmati oleh para penguasa dan bangsawan.

Seiring perkembangan teknologi transportasi, tahun 1960-an perlahan-lahan eksistensi sepeda di Indonesia mulai tergeser oleh popularitas kendaraan motor dan mobil. Selain memudahkan pengendara lebih cepat mencapai tempat tujuan, kendaraan bermotor juga didesain secara efisien tanpa harus mengayuh seperti sepeda.

Meskipun lebih efisien dan memudahkan pengendara, keberadaan motor dan mobil meninggalkan sejumlah masalah, seperti polusi yang mencemari udara. Oleh karena itu, kini banyak orang mulai beralih menggunakan sepeda kembali. Selain dapat menyehatkan badan, bersepeda juga dipercaya dapat membantu mengurangi dampak polusi udara.

Berbagai jenis sepeda kini mulai diproduksi kembali. Hal ini disesuaikan dengan fungsi atau kegunaannya. Lalu apa saja jenis-jenis sepeda yang ada di dunia ini? Simak penjelasannya berikut ini.

2 dari 8 halaman

Sepeda Gunung

sepeda gunung
edisi-sukan.blogspot.com

Sepeda gunung menjadi salah satu jenis sepeda yang paling populer di dunia. Jenis sepeda ini didesain untuk melewati berbagai kondisi jalan, seperti jalan yang berlubang, berlumpur, serta tanjakan terjal. Sepeda gunung dilengkapi dengan suspensi yang empuk sehingga dapat membuat pengendara nyaman saat melewati jalanan yang terjal.

Di samping itu, jenis sepeda ini memiliki ukuran ban yang cukup besar dan dilengkapi dengan ulir ban yang bergerigi. Sehingga hal ini dapat membuat pengendara bisa menyeimbangkan sepeda saat berada di jalan yang terjal, licin, dan berlumpur. Sepeda gunung biasanya juga akan dilengkapi dengan helm, tentunya hal ini disesuaikan fungsi jenis sepeda ini yang tak jarang melewati jalanan berbahaya.

3 dari 8 halaman

Sepeda BMX

kejuaraan sepeda bmx bearco fest 2019©2019 Merdeka.com/iqbal s nugroho

Sepeda BMX menjadi salah satu solusi bagi Anda yang gemar olahraga ekstrem. Jenis sepeda ini biasanya juga banyak digunakan oleh kawula muda untuk beratraksi dalam sebuah acara tertentu. Sepeda ini memang dirancang khusus untuk menunjukkan kemampuan pengendara untuk melakukan manuver-manuver keren.

Di samping itu, kini banyak komunitas BMX yang telah menyediakan tempat untuk beratraksi. Sehingga bagi Anda yang menyukai tantangan dan ingin menguji adrenalin, sebaiknya menggunakan jenis sepeda ini.

4 dari 8 halaman

Sepeda Balap

pendeteksi doping sepeda balap©2016 AFP PHOTO/FABRICE COFFRINI

Sepeda balap merupakan salah satu jenis sepeda yang kini banyak digemari oleh semua kalangan. Sepeda ini memang dirancang khusus untuk mengikuti balapan, namun jenis sepeda ini juga sering digunakan sebagai sarana berolahraga. Bahan yang digunakan untuk membuat sepeda ini memang berkualitas, sehingga tak heran apabila jenis sepeda ini memiliki harga yang cukup mahal.

Sepeda balap memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya bentuk stang yang melengkung. Hal ini dirancang agar pengendara merendahkan posisi badannya, sehingga mendapat aerodinamis yang baik saat dalam kondisi kencang.

5 dari 8 halaman

Fixie Bike

rangka sepeda fixie yang dapat menyala di kegelapan© Gizmodo.com


Fixie bike merupakan jenis sepeda yang memiliki gear berbeda dari sepeda lainnya. Jenis sepeda ini didesain khusus memiliki pedal yang akan selalu berputar mengikuti putaran sepeda. Selain itu, sepeda fixie juga tidak memiliki rem tangan, sehingga apabila Anda ingin berhenti, cukup menahan putaran pedalnya.

6 dari 8 halaman

City Bike

ilustrasi sepeda©Pixabay/SarahNic

Salah satu jenis sepeda yang paling banyak digunakan kaum perempuan ialah city bike. Jenis sepeda ini memiliki ciri khas yaitu terdapat keranjang pada bagian depannya. Secara umum, jenis sepeda ini banyak digunakan oleh seseorang yang tinggal di perkotaan, namun bukan berarti tidak cocok digunakan oleh seseorang yang tinggal di daerah terpencil.

Di samping itu, jenis sepeda city bike juga terdapat tambahan jok di belakangnya. Sehingga memungkinkan seseorang untuk memboncengnya. Sepeda ini biasanya juga memiliki desain yang unik dan cantik, tak heran apabila jenis sepeda ini digandrungi kaum hawa.

7 dari 8 halaman

Sepeda Tandem

keliling dunia pakai sepeda tandem©2016 Merdeka.com

Sepeda tandem merupakan salah satu jenis sepeda paling unik. Sebab sepeda ini memiliki dua pasang pedal dan kursi utama. Sepeda ini didesain khusus sebagai sarana untuk hiburan keluarga. Tak heran apabila jenis sepeda ini biasa dikendarai oleh anggota keluarga. Meskipun demikian, kini telah banyak orang menggunakan jenis sepeda ini untuk berolahraga, baik saat pagi maupun sore hari.

8 dari 8 halaman

Sepeda Lipat

penjualan sepeda di tengah pandemi©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Jenis sepeda unik lainnya yaitu sepeda lipat. Sesuai namanya, jenis sepeda ini dirancang agar penggunanya dapat mudah membawanya. Sehingga jenis sepeda ini memungkinkan para pengguna untuk membawanya kemana-mana. Sepeda lipat sangat cocok bagi Anda yang suka berlibur ke tempat yang jauh. Sebab sepeda lipat bisa Anda letakkan dengan praktis di bagasi mobil.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami