7 Macam Perangkat Keras Komputer, Ketahui Fungsinya

7 Macam Perangkat Keras Komputer, Ketahui Fungsinya
JATENG | 12 September 2020 11:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Komputer merupakan salah satu penemuan teknologi yang mempunyai peranan penting di dunia masa kini. Dalam hal ini, komputer membantu berbagai macam pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan operasi dokumen dan segala aktivitas lainnya.

Bahkan dapat dikatakan, komputer kini menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat, mulai dari pelajar untuk mengerjakan berbagai tugasnya, hingga orang dewasa yang bekerja di berbagai bidang.

Dalam menjalankan prosesnya, komputer terdiri dari berbagai macam komponen penyusun yaitu perangkat lunak dan perangkat keras. Di sini, perangkat keras komputer mengandung elemen mekanis dan elektronik yang berfungsi untuk mendukung sistem kerja komputer dengan baik. Terdapat beberapa macam perangkat keras komputer yang dibutuhkan dalam hal ini seperti monitor, CPU, RAM, keyboard, serta mouse.

Bukan hanya itu, macam perangkat keras lainnya juga sering dipasang untuk menambah fungsi baru, seperti printer untuk mencetak dokumen, hard disk yang berfungsi sebagai penyimpan data, hingga sound system sebagai pendukung pengeras suara atau berbagai hal yang berkaitan dengan audio. Berbagai macam perangkat keras menjalankan fungsi tertentu untuk mendukung sistem kerja komputer dalam melakukan pekerjaannya.

Meski begitu, tidak semua macam perangkat keras harus terpasang. Beberapa perangkat keras komputer memang menjadi komponen utama dan mendasar yang harus ada.

Namun beberapa perangkat keras lainnya hanya berfungsi sebagai pelengkap yang digunakan sesuai kebutuhan saja. Dilansir dari situs Educba, berikut kami merangkum beberapa macam perangkat keras komputer beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Monitor...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami