7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ilustrasi buah plum. ©Pixabay/congerdesign
JATENG | 6 Mei 2020 15:45 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Plum mungkin menjadi salah satu jenis buah yang masih terdengar asing di Indonesia. Buah ini biasanya banyak dibudidayakan di Amerika dan Eropa. Selain memiliki rasa yang manis asam, buah plum juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Healthline, buah plum memiliki kandungan Vitamin C, A, B, kalium, magnesium hingga zat besi. Beberapa kandungan tersebut dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh serta mencegah berbagai macam penyakit.

Di samping itu, buah plum juga kaya kan antioksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Sehingga kandungan ini berfungsi efektif melawan virus dan bakteri. Lantas apa saja manfaatnya? Simak beberapa manfaat buah plum berikut ini.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

di kantor

©kintec.net

Manfaat buah plum yang pertama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan buah plum memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat buah plum, Anda dapat mengonsumsi secara rutin buah plum. Apabila rutin mengonsumsi buah plum, maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah berbagai macam kerusakan sel akibat virus dan bakteri.

3 dari 8 halaman

Mengontrol Gula Darah

Manfaat buah plum berikutnya dapat mengontrol gula darah. Beberapa kandungan yang terdapat pada buah plum dapat membantu menjaga kadar gula darah. Sehingga hal ini dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah.

Dilansir dari laman Healthline, meskipun kaya akan karbohidrat, namun buah plum tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang berlebihan. Pasalnya buah ini mampu meningkatkan kadar adinopektin yang berfungsi efektif dalam mengatur gula darah. Sehingga mengonsumsi buah plum secara rutin berperan penting dalam mengontrol gula darah.

4 dari 8 halaman

Mengatasi Sembelit

004 tantri setyorini©ParentCircle

Buah plum juga berfungsi efektif dalam membantu mengatasi sembelit. Pasalnya buah plum memiliki kandungan serat tinggi yang mampu memadatkan fases dan melancarkan proses pembuangannya.

Bagi Anda yang memiliki masalah sembelit, sebaiknya mengonsumsi buah plum secara rutin. Selain itu beberapa kandungan lainnya juga baik untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh.

5 dari 8 halaman

Menurunkan Risiko Osteoporosis

Manfaat buah plum lainnya dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis. Hal ini dikarenakan buah plum mengandung vitamin D dan estrogen yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tulang tubuh.

Di samping itu, buah plum juga memiliki kandungan vitamin K, kalium dan magnesium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Sehingga mengonsumsi buah plum secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis.

6 dari 8 halaman

Menurunkan Berat Badan

badan© elembarazo.net

Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan, sebaiknya rutin mengonsumsi buah plum. Pasalnya, kandungan serat, vitamin C dan vitamin A baik dikonsumsi seseorang saat menjalani proses diet. Sehingga hal ini dapat membantu menurunkan berat badan.

7 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

ilustrasi mata berkerut©thedc.ca

Manfaat buah plum berikutnya dapat berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan mata. Dilansir dari laman Healthline, buah plum mengandung vitamin A atau beta karotan yang dibutuhkan oleh mata dalam mencegah berbagai macam kerusakan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya Anda mengonsumsi buah plum secara rutin dan teratur.

8 dari 8 halaman

Melawan Virus dan Bakteri

ilustrasi buah plum©Pixabay/Meister199

Buah plum sangat kaya Antioksidan, sehingga hal ini dapat melawan virus dan bakteri yang menjadi penyebab utama datangnya berbagai macam penyakit. Mengonsumsi secara rutin buah plum dapat membantu mencegah radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh. Sehingga hal ini dapat menurunkan risiko terkena serangan penyakit kronis, seperti kanker dan jantung.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami