7 Manfaat Bumbu Dapur untuk Kecantikan, Mulai Merica hingga Lengkuas

7 Manfaat Bumbu Dapur untuk Kecantikan, Mulai Merica hingga Lengkuas
JATENG | 24 Maret 2020 17:30 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Memiliki wajah bersih dan cantik menjadi dambaan setiap wanita. Banyak perempuan rela menghabiskan banyak biaya agar bisa tampil sempurna. Sebenarnya tampil cantik tidak perlu harus mahal.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk perawatan wajah dengan harga yang sangat murah. Bahkan bumbu dapur pun bisa memberi manfaat untuk kecantikan. Kamu bisa mencoba perawatan wajah menggunakan beberapa bumbu dapur.

Berikut 7 manfaat bumbu dapur untuk kecantikan yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/03/2020).

1 dari 7 halaman

Merica

ilustrasi merica

Shutterstock.com/Oliver Hoffmann

Merica salah satu bumbu dapur yang memiliki rasa yang pedas. Bumbu dapur yang memiliki bentuk bulat kecil ini dipercaya bisa menghilangkan komedo pada wajah.

Untuk mendapatkan manfaat bumbu dapur yang satu ini sangat mudah. Cukup campurkan merica dengan yoghurt lalu aduk hingga rata. Setelah itu tinggal oleskan merica ke noda-noda komedo yang terdapat pada wajah.

2 dari 7 halaman

Bawang Putih

putih tunggal atau bawang lanang

Pixabay

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki aroma yang cukup menyengat. Akan tetapi di balik aromanya yang sangat kuat, nyatanya bawang putih memiliki khasiat yang baik untuk penyubur rambut.

Bagi kamu yang memiliki masalah rambut rontok bisa mencoba manfaat bumbu dapur yang satu ini. Cukup iris tipis bawang putih kemudian tambahkan sedikit olive oil. Setelah itu oleskan ke kepala kamu secara perlahan.

3 dari 7 halaman

Irisan Jahe

Jahe selalu diolah menjadi minuman dan makanan yang nikmat, karena mampu memberi kehangatan bagi siapa saja yang meminumnya. Selain berkhasiat untuk menghangatkan badan, jahe juga bermanfaat untuk untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya yaitu bisa mengembalikan vitalitas kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat bumbu dapur ini cukup mengoleskan irisan ke beberapa area wajah seperti dahi, dagu, pipi dan hidung. Setelah kamu oleskan, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4 dari 7 halaman

Bubuk Kayu Manis

ilustrasi kayu manis

2014 Merdeka.com/Shutterstock/ Oliver Hoffmann

Kayu manis dipercaya juga memiliki manfaat untuk perawatan wajah. Manfaat bumbu dapur ini didapat karena kayu manis memiliki kandungan antibakteri yang bisa memperlancar aliran darah. Sehingga kayu manis sangat baik untuk perawatan wajah, khususnya kulit berjerawat.

Sementara itu cara penggunaannya pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya tinggal mencampur bubuk kayu manis dengan sedikit air, lalu oleskan ke area wajah yang berjerawat.

5 dari 7 halaman

Kunyit

011 tantri setyorini

Pixabay


Hampir semua wanita Indonesia sepertinya sudah mengetahui bahwa kunyit sangat bermanfaat untuk membersihkan kotoran-kotoran pada kulit. Sudah sejak jaman dahulu kunyit digunakan untuk luluran, sebab kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antioksidan. Selain dapat membersihkan kotoran-kotoran pada kulit, kunyit juga dipercaya untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit.

6 dari 7 halaman

Madu

Madu memiliki manfaat yang begitu banyak, selain baik digunakan untuk kesehatan tubuh, nyatanya madu juga sangat baik untuk kecantikan. Nenek moyang dahulu memercayai bahwa madu bisa membuat awet muda.

Manfaat bumbu dapur ini didapat karena adanya kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kelembutan kulit wajah. Selain itu berbagai macam kandungan di dalamnya yang memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi jerawat.

Untuk melakukan perawatan menggunakan madu ini, caranya sangat mudah. Hanya tinggal mengoleskan madu pada area-area wajah yang terdapat jerawat, atau semua bagian di kulit wajah.

7 dari 7 halaman

Bubuk Cengkeh

ilustrasi cengkeh

shutterstock.com/Andrii Gorulko

Cengkeh selain digunakan untuk bumbu dapur juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Tak main-main kandungan dalam cengkeh memiliki polifenol yang berfungsi untuk antioksidan.

Banyaknya kandungan yang bersifat antibakteri di dalam cengkeh mampu mengangkat kotoran-kotoran serta bakteri di dalam wajah. Selain itu, cengkeh juga memiliki aroma yang khas, sehingga membuat wajah menjadi lebih harum dan segar.

(mdk/jen)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami