7 Manfaat Daun Melinjo yang Jarang Diketahui, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

7 Manfaat Daun Melinjo yang Jarang Diketahui, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh
JATENG | 25 Maret 2020 20:40 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Melinjo merupakan tanaman berbiji yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis.

Biji beserta daunnya biasa digunakan oleh masyarakat sebagai bahan dasar pembuatan makanan. Selain memiliki cita rasa yang lezat, daun melinjo ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Kandungan vitamin C, zat besi hingga protein pada daun melinjo dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh serta mencegah berbagai macam penyakit.

Tidak percaya? Simak 7 manfaat daun melinjo untuk kesehatan berikut ini.

1 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Stres

di tempat kerja

Shutterstock

Menghadapi banyaknya tuntutan pekerjaan sehari-hari terkadang membuat seseorang rentan mengalami stres. Salah satu cara pencegahan yang dapat dilakukan dengan mudah adalah mengonsumsi daun melinjo.

Kandungan vitamin C pada daun melinjo sangat efektif membantu menurunkan risiko stres. Daun melinjo memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Mengonsumsi daun melinjo secara rutin dan teratur dapat berfungsi mencegah penyakit yang lebih berbahaya yaitu gangguan depresi.

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat terjadi perubahan cuaca, terkadang seseorang mudah terkena serangan penyakit. Salah satu faktor penyebabnya sistem kekebalan tubuh menurun.

Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi daun melinjo. Kandungan senyawa pada daun melinjo dinilai efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu daun melinjo juga mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kanker, demensia hingga penyakit jantung.

3 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

di kantor

shutterstock

Manfaat daun melinjo selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kandungan mineral magnesium serta kalsium pada daun melinjo berperan penting dalam proses pembentukan tulang. Sehingga dapat berfungsi optimal menjaga tulang agar tetap kuat.

Selain itu, daun melinjo juga akan mencegah Anda dari tulang keropos atau osteoporosis. Pasalnya tulang keropos disebabkan karena kekurangan kalsium dan mineral. Sehingga mengonsumsi daun melinjo secara rutin dan teratur dapat menjaga keseimbangan hormon dalam meningkatkan masa tulang.

4 dari 7 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, daun melinjo juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini. Daun melinjo mengandung senyawa antiokisdan berupa flavonoid, tanin hingga saponin. Kandungan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang sering menyebabkan rusaknya sel-sel kulit wajah.

Dengan mengonsumsi daun melinjo secara teratur serta diimbangi dengan pola hidup sehat, hal ini dapat memperlambat proses penuaan. Selain memiliki kulit wajah yang sehat, Anda juga akan terhindar dari penuaan dini.

5 dari 7 halaman

Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu cara alternatif yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka adalah mengonsumsi daun melinjo.

Kandungan mineral zinc pada daun melinjo berfungsi memproduksi kolagen, di mana nantinya akan memproses pembentukan kulit baru. Selain mempercepat penyembuhan luka, zinc juga berperan penting menjadikan kulit tampak sehat.

6 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Kanker

hati

www.healthxchange.com

Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Kerusakan sel-sel tubuh menjadi pemicu utama penyakit ini. Sehingga upaya pencegahan kanker harus dimulai sejak dini.

Cara mudah mencegah penyakit kanker yaitu dengan mengonsumsi daun melinjo. Kandungan senyawa antioksidan pada daun melinjo dapat berfungsi efektif menurunkan risiko kanker. Pasalnya zat antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang sering menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh.

7 dari 7 halaman

Mencegah Jerawat

ilustrasi jerawat

Shutterstock

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat pada wajah, sebaiknya mengonsumsi daun melinjo secara teratur. Pasalnya daun melinjo mengandung flavonoid hingga saponin yang memiliki sifat anti bakteri. Sehingga hal ini dapat membantu mengatasi infeksi bakteri pada kulit wajah.

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami