7 Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan, Cocok untuk Mantan Perokok

7 Manfaat Mengkudu bagi Kesehatan, Cocok untuk Mantan Perokok
JATENG | 10 Maret 2020 19:45 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Mengkudu yang memiliki nama latin Morinda citrifoliamerupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Di Aceh tanaman ini cukup terkenal sebagai bahan nicah peugaga , yaitu menu wajib buka puasa dari daun mengkudu yang biasanya di tanam di dekat rumah pedesaan di Aceh.

Mengkudu kerap digunakan sebagai obat-obatan. Meski baunya terkenal menyengat dan kurang disukai, namun sebenarnya mengkudu memiliki beragam khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut manfaat mengkudu bagi kesehatan tubuh kita:

1 dari 7 halaman

Mengurangi Kerusakan Sel Tubuh Akibat Asap Rokok

ilustrasi perokok

Ãshutterstock.com/wavebreakmedia

Apabila Anda adalah seseorang yang baru saja berhenti merokok dan ingin membersihkan tubuh Anda dari efek merokok, mengkudu adalah makanan yang harus Anda konsumsi sesering mungkin. Dilansir dari Healthline, mengkudu dapat mengurangi kerusakan sel tubuh akibat asap rokok.

Paparan asap rokok atau tembakau menghasilkan jumlah radikal bebas yang berbahaya. Dalam jumlah yang berlebihan, paparan tersebut dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan stres oksidatif.

Stres oksidatif dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif.

Dalam sebuah penelitian, perokok tembakau berat diberi 4 ons (118 ml) mengkudu per hari. Setelah 1 bulan, mereka mengalami pengurangan 30% dari dua radikal bebas yang umum dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi.

Asap tembakau juga diketahui menyebabkan kanker. Bahan kimia tertentu dari asap tembakau dapat mengikat sel-sel dalam tubuh Anda dan menyebabkan pertumbuhan tumor.
Mengkudu dapat mengurangi kadar zat kimia penyebab kanker ini. Dua uji klinis menemukan bahwa meminum 4 ons (118 ml) jus noni setiap hari selama 1 bulan mengurangi tingkat bahan kimia penyebab kanker pada perokok tembakau sekitar 45%.

Namun, mengkudu tidak meniadakan semua dampak kesehatan negatif merokok dan tidak bisa dianggap sebagai makanan penyeimbang dampak negatif selama merokok.

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

sistem kekebalan tubuh

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Manfaat mengkudu selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin C.

Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dengan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun yang berasal dari lingkungan sekitar.

Banyak antioksidan lain yang terkandung dalam mengkudu, seperti beta karoten yang dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh juga.

Sebuah studi selama 8 minggu menemukan bahwa orang sehat yang minum 11 ons (330 ml) jus mengkudu setiap hari mengalami peningkatan aktivitas sel imun dan tingkat stres oksidatif yang lebih rendah.

3 dari 7 halaman

Mengontrol Diabetes

10 gejala diabetes yang sering diabaikan

klikdokter.com 2020 Merdeka.com

Penderita diabetes juga dapat mengambil manfaat dari kekuatan penyembuhan dari ekstrak Morinda citrifolia atau mengkudu ini. Sebuah penelitian, telah menunjukkan mengkudu sebagai ramuan remedial untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Mengonsumsi mengkudu telahterbuktisecara ilmiahmembantu mengurangi kadar hemoglobin glikosilasi, trigliserida serum, dan kolesterol lipoprotein dalam tubuh. Selain itu, juga bekerja untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan merangsang penyerapan glukosa.

4 dari 7 halaman

Melindungi Kesehatan Jantung

sehat

www.canadianliving.com

Mengkudu telah terbukti bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Senyawa dalam mengkudu memberikan efek longgar pada pembuluh darah dengan merangsang sel otot polos di dalam dinding sel sehingga menghasilkan aliran darah yang lancar di arteri.

Efek vasodilatasi mengkudu ini membantu mengatur tekanan darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Illinois di Rockford, AS menunjukkan bahwa minum mengkudu membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat), kadar kolesterol total, homocysteine, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh.

5 dari 7 halaman

Perawatan kulit

ilustrasi cantik

2012 Merdeka.com

Mengkudu juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Studi menunjukkan bahwa mengkudu kaya akan unsur kimia pelindung, antrakuinon yang memberikan efek stimulasi kolagen dan mencegah pembentukan keriput pada kulit.

Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dari mengkudu bekerja pada tingkat sel dan berguna dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi kulit alergi, dan gatal-gatal secara holistik.

Kehadiran asam lemak esensial dan konsentrasi tinggi komponen biokimia proxeronine, yang merupakan prekursor alkaloid xeronine pada mengkudu mendukung berfungsinya membran sel secara efisien, yang cenderung menormalkan sel-sel abnormal, dan membantu mengembalikan kulit muda dan sehat.

6 dari 7 halaman

Melindungi Organ Hati

ilustrasi hati

2013 Merdeka.com/Shutterstock/Sebastian Kaulitzki

Buah mengkudu juga dikenal karena efektivitasnya dalam melindungi penyakit hati. Seperti yang didukung oleh penelitian tahun 2008, mengkudu melatih efek hepato-protektif pada hati yang membantu melindungi organ dari paparan bahan kimia eksogen kronis dan bertahan melawan penyakit besar seperti kerusakan hati.

7 dari 7 halaman

Membantu Meningkatkan Fungsi Memori

ilustrasi pintar matematika

Shutterstock.com/ Pressmaster

Mengkudu dapat memberikan efek perlindungan dalam menyembuhkan masalah gangguan memori. Sebuah penelitian yang dilakukan pada subyek dengan fungsi memori yang lemah telah menyarankan bahwa mengonsumsi mengkudu mendorong aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan fungsi memori.

(mdk/amd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5