7 Manfaat Teh Rosemary bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah hingga Berat Badan

7 Manfaat Teh Rosemary bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah hingga Berat Badan
Ilustrasi bunga rosemary. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Maren Wulf
JATENG | 23 Juni 2022 18:00 Reporter : Ayu Isti

Merdeka.com - Seperti diketahui, rosemary merupakan tanaman herbal yang sering dikonsumsi sebagai minuman teh hangat dan segar. Tanaman yang bernama latin Rosmarinus officinalis ini memang dikenal memiliki cita rasa yang segar dan aroma yang sedap. Tak heran, jika banyak orang menjadi penikmat teh berwarna kuning bening ini.

Bukan hanya rasa dan aromanya yang nikmat, ternyata terdapat beragam manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi teh herbal ini. Manfaat teh rosemary dikatakan dapat mengatasi peradangan, membantu menurunkan gula darah, meningkatkan mood dan memori, hingga melindungi dan menjaga kesehatan mata.

Bukan hanya itu, manfaat teh rosemary bagi kesehatan juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara efektif. Tentu, teh rosemary ini baik dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung untuk membantu mengelola gejala. Lebih dari itu, minuman herbal ini sangat baik dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat, sajian teh rosemary dapat ditambahkan dalam konsumsi harian. Bukan hanya bagi para penggemar teh, Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi teh, bisa memulai dengan sajian the rosemary yang sedap dan menyegarkan. Dilansir dari Healthline, berikut kami merangkum beberapa manfaat teh rosemary bagi kesehatan yang perlu diketahui.

2 dari 3 halaman

Manfaat Teh Rosemary: Mengatasi Peradangan hingga Mendukung Kesehatan Otak

  • Mengatasi Peradangan

Manfaat teh rosemary bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat mengatasi peradangan. Manfaat ini tidak lain didapat dari kandungan antioksidan tinggi di dalamnya. Ini merupakan senyawa aktif yang dapat membantu melindungi tubuh kerusakan oksidatif dan peradangan, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe.

Teh rosemary juga mengandung senyawa yang mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Sifat antimikroba ini dapat bekerja melawan infeksi secara efektif. Daun rosemary juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional karena efek antibakteri dan kemampuan penyembuhan lukanya.

  • Menurunkan Gula Darah

Manfaat teh rosemary bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat menurunkan gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam teh rosemary dapat menurunkan gula darah dan mengelola gula darah tinggi pada penderita diabetes.

Selain itu, kandungan asam carnosic dan asam rosmarinic pada rosemary memiliki efek seperti insulin dalam gula darah. Senyawa ini terbukti dapat meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot, menurunkan gula darah.

  • Meningkatkan Mood dan Memori

Manfaat teh rosemary selanjutnya yaitu dapat meningkatkan mood dan memori. Meskipun penelitian tentang teh rosemary secara khusus masih kurang, bukti penelitian yang sudah ada menunjukkan bahwa minum dan menghirup senyawa dalam teh rosemary dapat membantu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan daya ingat.

ilustrasi berpikir
chromatographyonline.com

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi 500 mg rosemary dua kali sehari selama 1 bulan secara signifikan menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan memori dan kualitas tidur di kalangan mahasiswa, dibandingkan dengan plasebo.

Fakta lain, studi pada 20 orang dewasa muda yang sehat mengamati bahwa menghirup aroma rosemary selama 4-10 menit sebelum tes mental meningkatkan konsentrasi, kinerja, dan suasana hati.

  • Mendukung Kesehatan Otak

Mendukung kesehatan otak juga termasuk salah satu manfaat teh rosemary bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Beberapa penelitian tabung dan penelitian pada hewan telah menemukan bahwa senyawa dalam teh rosemary dapat melindungi otak secara efektif, dengan mencegah kematian sel-sel di dalamnya.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa rosemary bahkan dapat mendukung pemulihan dari kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan otak, seperti stroke. Studi lain menunjukkan bahwa rosemary dapat mencegah efek negatif dari penuaan otak, bahkan menunjukkan efek perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

3 dari 3 halaman

Manfaat Teh Rosemary: Meningkatkan Penglihatan hingga Membantu Menurunkan Berat Badan

  • Meningkatkan Penglihatan

Manfaat teh rosemary bagi kesehatan lainnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan dan kemampuan penglihatan. Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa menambahkan ekstrak rosemary ke perawatan oral lainnya dapat memperlambat perkembangan penyakit mata terkait usia.

ilustrasi kacamata berembun
©Adobe Stock

Selain itu, studi pada hewan lain menemukan bahwa asam rosmarinic dalam rosemary menunda timbulnya katarak, yaitu gangguan buraman bertahap mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Selain menurunkan risiko, senyawa ini juga efektif dalam mengurangi keparahan katarak.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat teh rosemary selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian, menemukan bahwa ekstrak rosemary mengurangi risiko gagal jantung setelah serangan jantung. Tentu ini bisa menjadi alternatif minuman sehat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki risiko penyakit jantung menurut riwayat keturunan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh rosemary yang terakhir namun tak kalah penting yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Diketahui, ekstrak yang terdapat dalam rosemary dapat membantu mengobati gangguan pencernaan secara efektif.

Selain itu, rosemary juga memiliki kandungan yang dapat mendukung keseimbangan bakteri baik pada usus. Sementara penelitian lain, menemukan bahwa rosemary mampu mencegah penambahan berat badan pada hewan tikus, bahkan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Tentu ini bisa menjadi rekomendasi jika ingin menurunkan berat badan yang lebih sehat.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami