7 Menu Makanan Khas Lebaran yang Tak Tergantikan, Lezat dan Nikmat

7 Menu Makanan Khas Lebaran yang Tak Tergantikan, Lezat dan Nikmat
JATENG | 23 Mei 2020 15:03 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Setiap Hari Raya Idul Fitri masyarakat Indonesia selalu menyambutnya dengan penuh suka cita. Menjelang lebaran, seringkali kita disibukkan dengan menyiapkan berbagai macam keperluan. Selain membeli baju baru, masyarakat juga terbiasa menyambutnya dengan mengolah berbagai macam menu khas lebaran.

Menghidangkan menu spesial saat lebaran seolah telah menjadi tradisi bagi bangsa Indonesia. Makanan khas ini biasanya dinikmati saat berkumpul bersama keluarga. Tentunya hal ini dilakukan dalam rangka untuk membuat suasana lebaran semakin meriah.

Di samping itu, Indonesia juga dikenal memiliki kuliner khas yang beraneka ragam. Bahkan beberapa kuliner tradisional menjadi salah satu makanan paling enak di dunia. Lalu apa saja menu makanan khas lebaran di Indonesia?

1 dari 7 halaman

Ketupat

opor

©iStock

Menu makanan khas lebaran yang tidak boleh dilewatkan ialah ketupat. Makanan ini seolah telah menjadi menu wajib saat Hari Raya Idul Fitri. Hampir dapat dipastikan setiap keluarga di Indonesia membuat ketupat saat lebaran tiba.

Ketupat merupakan hidangan khas Asia Tenggara yang berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda. Jenis makanan ini biasa dihidangkan dengan opor ayam, lontong, sate dan lain sebagainya. Tekstur nasi yang padat dan lembut menjadikan ketupat menjadi salah satu makanan khas yang digemari oleh semua kalangan.

2 dari 7 halaman

Opor Ayam

ayam pedas

© Cookpad/Lisa Lailatannur

Menu makanan khas lebaran berikutnya ialah opor ayam. Makanan berbahan dasar ayam yang diolah menggunakan santan ini sangat populer di Indonesia. Biasanya opor ayam disajikan dengan ketupat dan beragam aneka lalapan.

Cara pembuatan opor ayam cukup mudah, yaitu merebus yang di beri bumbu santan. Setelah itu ditambah menggunakan bumbu lainnya seperti kencur dan serai. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan opor ayam sering dihidangkan saat Hari Raya Idul Fitri.

3 dari 7 halaman

Rendang

ilustrasi rendang

©iStock

Rendang merupakan salah satu makanan paling lezat di dunia. Makanan tradisional yang berasal dari tanah Minangkabau ini menjadi menu makanan yang sering dihidangkan saat lebaran tiba.

Rendang dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Bumbu utama yang digunakan dalam memasak rendang diantarannya daging sapi, santan kelapa, cabai dan rempah-rempah. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan makanan ini berhasil masuk ke dalam daftar makanan paling enak di dunia

4 dari 7 halaman

Semur

ilustrasi semur daging

©Shutterstock

Menu makanan khas lebaran yang tidak boleh dilewatkan saat lebaran ialah semur. Makanan berbahan dasar daging dengan kuah berwarna cokelat ini sering ditemui ketika Hari Raya Idul Fitri.

Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan menu makanan khas lebaran ini sangat digemari oleh masyarakat. Seringkali semur dihidangkan dengan nasi hangat atau ketupat. Dengan campuran tempe, telur dan tahu menjadikan semur terasa semakin nikmat.

5 dari 7 halaman

Kue Nastar

Kue nastar menjadi salah satu menu makanan yang sering dihidangkan ketika lebaran. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, vanilli dan telur. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah menjadikan kue nastar selalu berhasil menggugah selera.

Setiap HarI Raya Idul Fitri kita dapat menemukan kue nastar di atas meja. Menu khas lebaran ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh panas ketika berkumpul bersama keluarga.

6 dari 7 halaman

Kurma

ilustrasi kurma

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Selain kue nastar, kurma juga menjadi salah satu menu makanan yang sering dijumpai saat lebaran tiba. Buah yang memiliki cita rasa manis dan legit ini seolah telah menjadi makanan khas umat muslim di dunia. Hampir setiap umat muslim menghidangkan kurma, baik saat bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri.

Di samping itu, kurma pernah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Timur Tengah selama ribuan tahun. Kemudian buah ini tersebar di berbagai penjuru dunia seperti Asia, Afrika, Spanyol hingga Italia. Kini makanan tersebut telah menjadi menu makanan khas lebaran di berbagai penjuru dunia.

7 dari 7 halaman

Astor

Hampir dapat dipastikan bahwa setiap lebaran masyarakat Indonesia menghidangkan astor. Makanan ini sebenarnya sebuah merek dagang berbentuk wafer stik yang dijual di Indonesia. Meskipun demikian, kini astor seolah telah menjadi menu makanan wajib saat lebaran.

Hingga saat ini wafer ini masih tetap eksis di Indonesia dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, vanilla, stroberi dan berbagai rasa lainnya. Rasanya yang manis dan renyah menjadikan astor sangat diminati semua kalangan.

(mdk/jen)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami