7 Nama Anak Nabi Muhammad SAW, Umat Muslim Wajib Tahu

7 Nama Anak Nabi Muhammad SAW, Umat Muslim Wajib Tahu
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW. 2.bp.blogspot.com
JATENG | 8 Desember 2020 15:51 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Setiap orang tua selalu menginginkan anaknya tumbuh menjadi seseorang yang berguna dan sukses dunia akhirat. Tak heran apabila orang tua selalu memilih dan memberikan nama yang terbaik untuk anaknya. Selain akan digunakan seumur hidup, nama juga merupakan cerminan doa dan harapan dari orangtua untuk anaknya.

Banyak orangtua muslim memilih dan memberi nama bayi menggunakan nama tokoh-tokoh Islam yang berasal dari Alquran. Salah satu nama yang sering dijadikan sumber referensi adalah nama anak Nabi Muhammad SAW. Hal ini dimaksudkan agar kelak anaknya memiliki kepribadian luhur yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW telah dikaruniai tujuh orang anak. Masing-masing nama anak Nabi Muhammad SAW tersebut tentu memiliki makna serta keistimewaan tersendiri karena berisi doa langsung dari Rasulullah SAW.

Lantas, siapa saja nama anak Nabi Muhammad SAW? Simak kisah singkatnya yang merdeka.com lansir dari NU Online:

2 dari 4 halaman

Mengenal Keturunan Nabi Muhammad SAW

muhammad saw
2.bp.blogspot.com

Seperti yang sudah diketahui, Nabi Muhammad SAW menjadi uswah hasanah (suri tauladan yang baik) bagi umat Islam. Agar bisa mencintai serta meneladani kehidupan Rasulullah SAW, tentunya harus mengerti serta mempelajari sejarah atau sepak terjang beliau semasa hidup, tak terkecuali mengenai para keturunannya.

Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW telah dikaruniai 7 orang anak, 4 perempuan dan 3 laki-laki. Seperti dikutip dari NU Online, seluruh anak nabi berasal dari hasil pernikahannya dengan Sayyidah Khadijah, kecuali Ibrahim yang dilahirkan oleh Sayyidah Mariyah al-Qitbhiyah.

Adapun nama anak Nabi Muhammad SAW di antaranya Sayyidina al-Qasim, Sayyidah Zainab, Sayyidah Ruqayyah, Sayyidah Ummu Kultsum, Sayyidah Fatimah az-Zahra, Sayyidina Abdullah, dan Sayyidina Ibrahim.

3 dari 4 halaman

Mengenal Putra-putri Nabi Muhammad SAW

muhammad saw2.bp.blogspot.com


1. Qasim bin Muhammad

Nama anak Nabi Muhammad SAW yang pertama adalah Qasim bin Muhammad. Anak tertua Nabi Muhammad ini hanya hidup selama beberapa hari saja. Ia meninggal pada 605 Masehi sebelum berusia 2 tahun dan dimakamkan di Jannatul Mu’alla, Mekkah.

Qasim dikenal sebagai anak tertua Rasulullah SAW, maka Nabi diberi julukan Abu Qasim. Adapun arti nama Qasim sendiri ialah “pemberi imbalan” yang merupakan harapan bahwa kelak akan menjadi anak yang saleh dan panjang umur. Namun, Allah SWT lebih tahu yang terbaik dan lebih dulu mengambilnya.

2. Zainab binti Muhammad

Zainab binti Muhammad merupakan putri tertua Nabi yang lahir pada tahun ke-30 dari kelahiran Rasulullah SAW. Nama Zainab sendiri diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti indah dan wangi. Putri Nabi Muhammad ini wafat pada usia 29 tahun karena sakit dan dimakamkan di Jannatul Baqi.

3. Ruqayyah binti Muhammad

Nama anak Nabi Muhammad berikutnya yaitu Ruqayyah bin Muhammad. Dia lahir pada tahun ke-33 dari kelahiran Rasulullah SAW. Kemudian dinikahi oleh Utsman bin Affan dan dikaruniai anak bernama Abdullah yang meninggal pada usia empat tahun. Putri Nabi Muhammad ini wafat saat perang Badar berlangsung dan jenazahnya dimakamkan di Jannatul Baqi.

4 dari 4 halaman

4. Ummu Kultsum binti Muhammad

ilustrasi masjid©2019 Merdeka.com/Free Images

Ummu Kultsum merupakan anak Nabi Muhammad keempat yang lahir 6 tahun sebelum diutusnya kenabian atau ketika Nabi berumur 34 tahun. Dia dinikahi oleh Utbah bin Abu Lahab, namun kemudian diceraikan sebelum disentuhnya. Setelah itu, ia dinikahi Utsman bin Affan pada tahun 3 H.

5. Fathimah az-Zahra binti Muhammad

Salah satu nama anak Nabi Muhammad SAW yang paling dikenal umat muslim adalah Fathumah az-Zahra. Kebaikan serta kemuliaan hatinya, menjadikan anak Nabi Muhammad satu ini telah menginspirasi umat muslim di seluruh dunia. Tak heran, jika beliau dijuluki sebagai seorang yang memiliki karakter yang menyerupai Nabi Muhammad.

6. Abdullah bin Muhammad

Nama anak Nabi Muhammad SAW berikutnya yaitu Abdullah bin Muhammad. Putra Nabi Muhammad ini meninggal di usia yang masih kecil, yaitu pada tahun 615 Masehi. Abdullah juga disebut dengan nama at-Thayyib dan ath-Thahir karena lahir pada masa kenabian.

7. Ibrahim bin Muhammad

Nama anak Nabi Muhammad yang terakhir adalah Ibrahim bin Muhammad. Anak Rasulullah satu ini lahir dari rahim istri Rasulullah SAW yang bernama Maria al Qitbiya. Ibrahim sendiri lahir pada akhir bulan dari tahun 8 Hijriah, diberi nama Ibrahim yang berarti sama dengan nama salah satu leluhur bagi bangsa Arab dan Israel.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami