Cegah Corona, Ini 5 Potret Kawasan Malioboro Saat Disemprot Disinfektan

Cegah Corona, Ini 5 Potret Kawasan Malioboro Saat Disemprot Disinfektan
JATENG | 20 Maret 2020 17:12 Reporter : Intan Kumalasari

Merdeka.com - Merebaknya virus corona di Indonesia mengalami peningkatan. Data dari kemenkes per 20 Maret 2020 pukul 08.00 kasus positif di Indonesia 309 (orang), sembuh 15 (orang), dan meninggal 25 (orang).

Sedangkan untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kasus positif 3 (orang) dan pasien sembuh 1 (orang). Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X juga menetapkan status tanggap darurat bencana Covid-19 di DIY per 20 Maret hingga 29 Mei mendatang.

Dilansir dari website resmi Pemda DIY, Sultan juga mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas. Selain ituGubernur DIY juga membatalkan serangkaian acara budaya yang seharusnya digelar di Malioboro.

Masyarakat kawasan Malioboro, Komunitas Peduli Pencegahan Covid-19 serta pemerintah melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Malioboro pada Jumat, (20/3). Berikut potret kawasan Malioboro saat disemprot disinfektan guna mencegah penyebaran corona.

1 dari 5 halaman

Disinfektan Cegah Corona

Wabah penyebaran corona mulai mengancam DIY. Beberapa langkah diambil pemerintah dalam mengatasi penyebaran corona atau Covid-19.

Kawasan Malioboro yang dikenal sebagai ikon DIY, menjadi tempat yang sering dikunjungi. Dari wisatawan lokal maupun asing banyak yang mengunjuing area ini.

Untuk pencegahan corona, pada Jumat (20/3) kawasan ini dilakukan disinfektan.

kawasan malioboro disenfektan

2020 Merdeka.com/Twitter @humas_jogja

2 dari 5 halaman

Kolaborasi dengan Komunitas Peduli Pencegahan Covid-19

Kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat kawasan Malioboro yang berkolaborasi dengan Komunitas Peduli Pencegahan Covid-19. Selain itu kegiatan ini juga melibatkan para petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dan Pemerintah Kota Yogyakarta

Masyarakat bahu membahu untuk sama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga diharapkan tidak ada peningkatan kasus di Yogyakarta.

kawasan malioboro disenfektan

2020 Merdeka.com/Twitter @humas_jogja



3 dari 5 halaman

Dihadiri Sekda DIY

Kegiatan yang dilaksanakan di kawasan Malioboro ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Yogyakarta. Sekda DIY,Drs. Kadarmanta Baskara Aji mewakili Gubernur DIY menyaksikan kegiatan penyemprotan ini, tepatnya di pinggir jalan Malioboro.

"Kalau perlu juga harus dengan desinfektan. Ini kalau bisa kita laksanakan dengan masif, di mana-mana, dalam waktu yang terus-menerus, mudah-mudahan DIY akan terhindar dari penyebaran virus ini (CoViD-19)," ujarnya dilansir dari humas Jogja.

kawasan malioboro disenfektan

2020 Merdeka.com/Twitter @humas_jogja

4 dari 5 halaman

Kawasan Malioboro

Penyemprotan dilakukan di seluruh kawasan Malioboro. Dari gerbang barat Kepatihan hingga seluruh pinggiran kawasan Malioboro.

Tampak petugas membersihkan dengan alat yang telah disediakan. Beberapa petugas menggunakan perlengkapan seperti alat semprot dan masker.


kawasan malioboro disenfektan

2020 Merdeka.com/Twitter @humas_jogja

5 dari 5 halaman

Pedestrian Malioboro

Pedestrian Malioboro yang biasanya ramai pengunjung kali ini terlihat lumayan sepi. Hanya ada beberapa pengunjung yang tampak terlihat di pinggir jalan Malioboro.

Untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 seluruh pedestrian Malioboro disinfektan. Kolaborasi dari masyarakat, komunitas dan pemerintah terlihat dari potret ini.

kawasan malioboro disenfektan

2020 Merdeka.com/Twitter @humas_jogja

(mdk/kum)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5