62 Tahun Berkarya, Ini 5 Potret Transformasi Rhoma Irama Bersama Soneta

62 Tahun Berkarya, Ini 5 Potret Transformasi Rhoma Irama Bersama Soneta
JATENG | 25 Februari 2020 12:30 Reporter : Astuti Dwi Ramadhani

Merdeka.com - Raden Haji Oma Irama yang populer dengan nama Rhoma Irama lahir di Tasikmalaya, 11 Desember 1946 silam. Ia adalah seorang musisi dangdut legendaris dari Indonesia yang memiliki julukan "Raja Dangdut".

Puluhan tahun lalu, Rhoma mulai dikenal sebagian bintang film kanak-kanak, Djendral Kantjil, sekitar tahun 1958. Kariernya di musik dimulai sejak ia usia 11 tahun. Rhoma telah menjadi musisi ternama dan sudah mengalami jatuh bangun dalam industri musik, dimulai sejak ia mendirikan band musik, band Gayhand tahun 1963.

Tak lama kemudian, ia pindah masuk Orkes Chandra Leka, sampai akhirnya membentuk band sendiri bernama Soneta yang sejak 13 Oktober 1973 mulai berkibar. Bersama grup Soneta yang dipimpinnya, Rhoma tercatat pernah memperoleh 11 Golden Record dari kaset-kasetnya.

Sebagai musisi, pencipta lagu, dan bintang layar lebar, Rhoma selama kariernya, seperti yang diungkapkan, telah menciptakan kurang lebih 1000 buah lagu dan bermain di lebih 20 film. Berikut transformasi Rhoma Irama dari awal karier hingga saat ini.

Baca Selanjutnya: 1 Rhoma Irama bersama Grup...

Halaman

(mdk/asr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami