8 Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan, Menurunkan Kolesterol hingga Menjaga Imun Tubuh

8 Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan, Menurunkan Kolesterol hingga Menjaga Imun Tubuh
JATENG | 26 Maret 2020 16:15 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Sawi hijau merupakan salah satu jenis dari keluarga sawi-sawian atau Brassicaceae. Meski banyak yang menempatkan asal usul sawi dari Eropa, namun tanaman ini banyak tersebar di belahan dunia.

Saat ini, India, Nepal, Cina, dan Jepang adalah produsen sawi paling terkemuka. Namun sejumlah besar sawi juga ditanam di AS serta di Rusia.

Sama seperti semua sayuran hijau, sawi mengandung antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari kerusakan radikal bebas. Mereka juga merupakan sumber serat yang bagus, yang membantu mengatur saluran pencernaan Anda dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Sawi secara historis dikaitkan dengan pencegahan radang sendi, osteoporosis, asma, penyakit paru-paru dan banyak lagi.

Berikut manfaat sawi hijau bagi kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber:

1 dari 8 halaman

Sumber Antioksidan yang Tinggi

putih

www.simplyrecipes.com

Dilansir dari Dr. Axe, salah satu kandungan nutrisi pada sawi yaitu antioksidan. Tingkat antioksidan pada sawi sangat tinggi, beberapa di antaranya yaitu senyawa fenolik serta vitamin A dan vitamin C, yang membantu mencegah beberapa jenis kerusakan sel dan mutasi DNA.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules menemukan bahwa kultivar sawi hijau mengandung jenis antioksidan, di antaranya sebagai berikut:

  • glukosinolat alifatik
  • isotiosianat
  • epithiopropane
  • karotenoid
  • beta karoten
  • lutein
  • violaxanthin
  • neoxanthin

Salah satu manfaat sawi hijau yang paling banyak diteliti adalah kemampuan sayuran ini untuk bertahan dari kerusakan akibat radikal bebas, atau stres oksidatif.

Ketika beberapa jenis molekul oksigen dibiarkan berjalan bebas di dalam tubuh, mereka menyebabkan pembentukan radikal bebas.

Radikal bebas sangat berbahaya bagi sel dan jaringan tubuh, dan mereka terhubung dengan perkembangan kanker, penyakit neurodegeneratif, dan penuaan dini.

Studi menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam nutrisi sawi dapat melindungi tubuh Anda dari masalah kesehatan ini dengan memerangi kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan, dan melindungi sel-sel sehat di seluruh sistem pencernaan, pernapasan, kardiovaskular, dan sistem saraf.

2 dari 8 halaman

Mendukung Fungsi Hati

ilustrasi hati

2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Szocs Jozsef

Sayuran sawi mendukung kesehatan hati karena efek anti-inflamasi dan karena mereka mengandung klorofil yang tinggi, yang bermanfaat untuk detoksifikasi. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menetralkan logam berat, bahan kimia dan pestisida yang ada di tubuh Anda.

Sebuah studi menemukan bahwa sumber makanan yang menghasilkan turunan klorofil dapat memainkan peran penting dalam pencegahan kanker.

3 dari 8 halaman

Membantu Menurunkan Kolesterol dan Mendukung Kesehatan Jantung

009 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock/Lukiyanova Natalia/frenta

Sayuran sawi memiliki kemampuan khusus untuk meningkatkan pengikatan empedu, terutama saat dimasak.

Bagi mereka dengan kolesterol tinggi, mereka tidak menghasilkan cukup empedu atau mengalami kesulitan mengubah kolesterol menjadi asam empedu. Ini biasanya karena konsumsi lemak yang tinggi dan sayuran hijau yang tidak cukup dalam makanan mereka atau disfungsi hati atau usus besar.

Sayuran sawi terus diteliti karena kemampuannya untuk meningkatkan produksi asam empedu ini dan menurunkan kolesterol jahat. Sementara asam empedu dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, pengikatan asam empedu membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Sebuahstudi tahun 2008menemukan bahwa kemampuan penurun kolesterol sawi mentah meningkat secara signifikan ketika sayuran dikukus sebagai daripada dimakan mentah.

Folat yang ditemukan dalam sawi juga dikaitkan dengan kesehatan jantung dan dapat membantu mencegah peningkatan homocysteine, penanda inflamasi risiko penyakit kardiovaskular.

4 dari 8 halaman

Dikemas dengan fitonutrien

10 ciri ciri kanker servix

medicalnewstoday.com 2020 Merdeka.com

Fitonutrien adalah bahan kimia alami yang ditemukan dalam makanan nabati. Bahan kimia ini membantu melindungi tanaman dari kuman, jamur, serangga, dan ancaman lainnya - dan juga bermanfaat bagi tubuh manusia.

Penelitiantelah menunjukkan bahwa diet tinggi fitonutrien dari tanaman berkorelasi dengan rendahnya risiko kanker dan penyakit jantung, dapat membantu mencegah diabetes dan obesitas, serta memperlambat proses penuaan otak.

Satu juga studimenemukan bahwa senyawa dalam sawi dan bijinya dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan komplikasi terkait diabetes dengan mengurangi stres oksidatif.

Satu kelompok senyawa bermanfaat ditemukan di banyak sayuran silangan, seperti sawi,brokoli,dan kubis Brussel, disebutyang disebut glukosinolat. Jumlah kandungannya tergantung pada faktor-faktor seperti kesegaran, penyimpanan dan pengolahan sawi.

Glukosinolat dipecah menjadiindol dan isotiosianat, yang telah terbukti melindungi sel dari kerusakan DNA dan mengimbangi efek karsinogen.

Pusat Kanker Ackerman, sawi dan sayuran silangan lainnya juga memiliki efek antivirus, antiinflamasi dan antibakteri; dapat menginduksi kematian sel (apoptosis); serta dapat membantu menghambat pembentukan pembuluh darah tumor dan migrasi sel tumor.

5 dari 8 halaman

Tinggi Serat

005 tantri setyorini

Remedies For Me

Makandiet tinggi seratyang mencakup beragam sayuran hijau bermanfaat karena beberapa dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dengan mengganggu penyerapannya dalam usus.

Serat yang cukup dalam makanan membantu dalam pergerakan usus halus dan karenanya menawarkan perlindungan dari penyakit wasir, sembelit dan penyakit usus besar seperti kanker usus besar.

Serat tidak larut yangditemukan dalam sawi menarik air dan membantu melunakkan tinja, sehingga memungkinkan untuk pembuangan limbah yang lebih baik. Meningkatkan jumlah serat dalam makanan Anda dapat membantu menurunkan jumlah racun dalam saluran pencernaan Anda, menurunkan tekanan darah tinggi dan menormalkan kadar kolesterol.

Ini adalah salah satu alasan mengapapenelitiantelah menemukan bahwa individu dengan asupan tinggi serat makanan memiliki risiko yang jauh lebih rendah penyakit, termasuk penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas dan penyakit pencernaan tertentu.

Mengkonsumsi sayuran hijau juga menawarkan perlindungan terhadap kenaikan berat badan dan obesitas, karena kualitas isian dan kepadatan kalori yang rendah. Sayur sawi adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang mengikuti banyak diet berbeda, termasuk diet rendah karbohidrat, dietketo, dietvegan/vegetarian, diet Paleo, dll.

6 dari 8 halaman

Vitamin K Pembentuk Tulang

ilustrasi tulang

shutterstock.com/RAJ CREATIONZS

Nutrisi sawi menyediakan tiga hingga lima kali nilai vitamin K yang direkomendasikan setiap hari. Vitamin K adalah salah satu vitamin utama yang terlibat dalam mineralisasi tulang dan pembekuan darah.

Selain itu, vitamin K juga membantu mendukung fungsi otak dan metabolisme yang sehat, serta melindungi terhadap penyakit kanker.

Beberapa penelitianberpendapat bahwa asupan vitamin K yang tinggi dapat menghentikan pengeroposan tulang lebih lanjut pada penderita osteoporosis. Ada juga bukti bahwa vitamin K adalah nutrisi penting untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, termasuk pembuluh darah dan arteri.

Vitamin K bahkan dapat membantu mengurangi kram PMS dan nyeri haid lainnya dengan mengatur fungsi hormon Anda. Ini juga bertanggung jawab untuk membantu mencegah dan menyembuhkan memar juga.

7 dari 8 halaman

Sumber Nutrisi Peningkat Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh

2018 Merdeka.com/Pixabay

Vitamin C yang terkandung dalam sawi merupakan salah cara untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, kulit, mata dan banyak lagi.

Studimenunjukkan bahwa vitamin C dapat memperbaiki dan memelihara gigi dan tulang Anda, memperlambat dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh Anda, menjaga jaringan tubuh yang sehat. Tak hanya itu, vitamin c pada sawi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, membantu melawan radikal bebas, membangun kolagen, dan membantu menjaga pembuluh darah.

8 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

ilustrasi mata

2019 Merdeka.com/Pixabay

Sawi mengandung lebih dari seluruh nilai harian vitamin A yang dianjurkan. Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan penglihatan, fungsi neurologis dan kulit, serta terlibat dalam mengurangi peradangan.

Mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, ditambah antioksidan, adalah cara untuk membantu memperlambat penuaan secara alamidan mempertahankan diri dari infeksi, flu biasa, dll.

Penelitiantelah berulang kali menunjukkan bahwa antioksidan seperti vitamin A sangat penting untuk kesehatan dan umur panjang. Mereka bermanfaat bagi kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker kulit dan membantu pertumbuhan sel.

Vitamin C pada sawi juga membantu membangun kolagen di kulit, yang membantu menghasilkan kulit yang kencang, sehat dan mencegah hilangnya elastisitas.

Karena sawi dapat mengurangi peradangan, baik vitamin A dan vitamin C dapat membantu membersihkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

(mdk/amd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami