8 Penyebab Menstruasi Terlambat, Faktor Stres hingga Gejala PCOS

8 Penyebab Menstruasi Terlambat, Faktor Stres hingga Gejala PCOS
Ilustrasi menstruasi. ©Shutterstock.com/Ana Blazic Pavlovic
JATENG | 3 Maret 2021 08:20 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Menstruasi merupakan salah satu siklus kesehatan yang dialami oleh hampir setiap wanita. Setiap bulan dalam hitungan periode tertentu, darah yang ada pada rahim wanita akan meluruh saat tidak mengalami proses pembuahan. Siklus menstruasi ini akan berulang setiap bulannya.

Meskipun mempunyai rentang siklus waktu yang pasti, namun tidak sedikit wanita mengalami menstruasi yang tidak lancar. Sering kali wanita mengalami keterlambatan menstruasi hingga beberapa hari dari perkiraan yang seharusnya terjadi. Tidak jarang, perempuan merasa khawatir ketika siklus menstruasinya tidak teratur, termasuk berbagai gejala yang muncul cukup mengganggu.

Penyebab menstruasi terlambat bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kondisi stres menjadi salah satu faktor pemicu wanita mengalami keterlambatan dalam siklus menstruasi. Selain itu, penyebab menstruasi terlambat juga bisa datang dari berat badan rendah, obesitas, upaya kontrol kelahiran, hingga pengaruh dari beberapa penyakit kronis seperti PCOS.

Walaupun wajar dan umum terjadi, namun penyebab menstruasi terlambat ini perlu diketahui dengan pasti. Hal ini tidak lain untuk mencegah berbagai risiko buruk yang terjadi terkait kesuburan dan kesehatan seksual. Selain itu, dengan mengetahui penyebabnya lebih dini juga memudahkan mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Dilansir dari Healthline, berikut kami merangkum beberapa penyebab menstruasi terlambat yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Siklus Menstruasi...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami