8 Penyebab Sakit Tenggorokan Ini Jangan Disepelekan, dari Flu Biasa hingga Tumor

8 Penyebab Sakit Tenggorokan Ini Jangan Disepelekan, dari Flu Biasa hingga Tumor
JATENG | 24 Maret 2020 17:27 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Sakit tenggorokan adalah rasa sakit, kering, atau gatal yang dirasakan di tenggorokan. Nyeri di tenggorokan adalah salah satu gejala yang paling umum. Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi, atau oleh faktor lingkungan seperti udara kering. Meskipun sakit tenggorokan bisa terasa tidak nyaman, biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Radang tenggorokan dibagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan bagian tenggorokan mana yang terasa sakit/ nyeri:

• Faringitis mempengaruhi area tepat di belakang mulut.
• Tonsilitis adalah pembengkakan dan kemerahan pada amandel, jaringan lunak di bagian belakang mulut.
• Laringitis adalah pembengkakan dan kemerahan kotak suara, atau laring.

Gejala sakit tenggorokan dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkannya. Sakit tenggorokan memiliki gejala umum di antaranya gatal, terasa terbakar, kering, iritasi, merah, dan perih. Mungkin lebih menyakitkan ketika Anda menelan atau berbicara.

Terkadang, bercak putih atau area nanah akan terbentuk di amandel. Bercak putih ini lebih umum di radang tenggorokan daripada ketika sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Berikut penyebab sakit tenggorokan yang perlu diperhatikan dilansir dari Healthline:

1 dari 9 halaman

Pilek, Flu, dan Infeksi Virus

Penyebab sakit tenggorokan yang paling umum yaitu disebabkan oleh infeksi virus. Virus menyebabkan sekitar 90 persen sakit tenggorokan. Berikut di antaranya virus yang menyebabkan sakit tenggorokan:

  1. Flu biasa
  2. influenza - flu
  3. mononucleosis , penyakit menular yang ditularkan melalui air liur
  4. campak , penyakit yang menyebabkan ruam dan demam
  5. cacar air , infeksi yang menyebabkan demam dan gatal serta ruam
  6. gondong , infeksi yang menyebabkan pembengkakan kelenjar ludah di leher
2 dari 9 halaman

Radang Tenggorokan

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.Yang paling umum adalah radang tenggorokan, infeksi tenggorokan dan infeksi amandel yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus kelompok A.

tenggorokan

www.netdoctor.co.uk

Radang tenggorokan menyebabkan hampir 40 persen dari kasus sakit tenggorokan pada anak-anak. Tonsilitis, dan infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

3 dari 9 halaman

Alergi

Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap pemicu alergi seperti serbuk sari, rumput, dan bulu hewan peliharaan, ia melepaskan bahan kimia yang menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, mata berair, bersin, dan iritasi tenggorokan.

ilustrasi batuk

medicalnewstoday.com

Kelebihan lendir di hidung bisa menetes ke bagian belakang tenggorokan. Ini disebut postnasal drip dan dapat mengiritasi tenggorokan.

4 dari 9 halaman

Udara Kering

011 siti rutmawati

www.safebee.com

Penyebab sakit tenggorokan selanjutnya ialah karena masalah kondisi udara. Udara kering dapat menyedot kelembaban dari mulut dan tenggorokan, dan membuat mereka terasa kering serta gatal. Udara kering kemungkinan besar terjadi di bulan-bulan musim dingin ketika mesin pemanas dinyalakan.

5 dari 9 halaman

Asap, Bahan Kimia, dan Iritan

Selain itu, bahan kimia dan iritan lain juga bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan. Banyak bahan kimia dan zat lain di lingkungan mengiritasi tenggorokan, termasuk:

  • rokok dan asap tembakau lainnya
  • polusi udara
  • produk pembersih dan bahan kimia lainnya

Bahan kimia yang tercerna dapat mengiritasi atau bahkan membakar tenggorokan saluran pernapasan bagian bawah dan sistem pencernaan.

6 dari 9 halaman

Cedera

Cedera apa pun, seperti luka di leher, dapat menyebabkan rasa sakit di tenggorokan. Sepotong makanan yang tersangkut di tenggorokan juga bisa membuat iritasi.

ilustrasi sakit tenggorokan

medicalnewstoday.com

Penggunaan berulang-ulang pita suara dan otot di tenggorokan menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan. Anda bisa sakit tenggorokan setelah berteriak, berbicara dengan keras, atau bernyanyi untuk waktu yang lama. Sakit tenggorokan adalah keluhan yang cukup umum di kalangan instruktur dan guru kebugaran, yang seringkali harus berteriak setiap hari.

7 dari 9 halaman

Penyakit Refluks Gastroesofagus (GERD)

Gastroesophageal reflux disease (GERD)adalah suatu kondisi di mana asam dari perut kembali naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan dada dan ulu hati terasa nyeri.

Asam ini dapat membakar kerongkongan dan tenggorokan, menyebabkan gejala-gejala seperti mulas dan refluks asam sehingga menyebabkan tenggorokan menjadi iritasi dan radang.

8 dari 9 halaman

Tumor

ilustrasi sakit tenggorokan

Shutterstock/Subbotina Anna

Penyebab sakit tenggorokan lain yang tak boleh disepelekan ialah tumor. Tumor tenggorokan, kotak suara, atau lidah adalah penyebab yang kurang umum dari sakit tenggorokan. Apabila sakit tenggorokan adalah tanda kanker, sakitnya tidak akan hilang dalam beberapa hari dan cenderung cukup lama.

9 dari 9 halaman

Cara Menangani Sakit Tenggorokan di Rumah

jahe

Fitlife.tv

Anda dapat mengobati sebagian besar sakit tenggorokan di rumah. Salah satunya yaitu istirahat yang cukup untuk memberi kesempatan sistem kekebalan Anda melawan infeksi. Berikut langkah yang bisa Anda ambil untuk meringankan sakit tenggorokan:

  • Berkumurlahdengan campuran air hangat dan 1/2 hingga 1 sendok teh garam.
  • Minumlah cairan hangat yang terasa menenangkan di tenggorokan, seperti teh panas dengan madu, kaldu sup, atau air hangat dengan lemon.Teh herbal sangat menenangkan sakit tenggorokan.
  • Dinginkan tenggorokan Anda dengan mengonsumsi makanan dingin seperti es loli atau es krim.
  • Mengisap sepotong permen keras.
  • Nyalakan pelembab ruangan untuk menambah kelembapan di udara.
  • Istirahatkan suara Anda sampai tenggorokan Anda terasa lebih baik.

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami