9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Bisa Memperkuat Imunitas Tubuh

9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Bisa Memperkuat Imunitas Tubuh
JATENG | 31 Maret 2020 15:00 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Buah naga merupakan jenis buah yang memiliki akar, duri, serta batang. Buah yang memiliki warna merah pekat ini menjadi salah satu jenis buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis serta memiliki bentuk yang unik, menjadi ciri khas dari buah yang berasal dari Meksiko ini.

Selain rasanya yang manis serta bentuknya yang unik, ternyata buah naga juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Penasaran apa saja manfaatnya? Simak 9 manfaat buah naga untuk kesehatan berikut ini.

1 dari 8 halaman

Mencegah Anemia

ilustrasi anemia

Shutterstock.com

Anemia merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan gejala sesak napas, pusing, dan sakit kepala. Penyakit anemia bisa terjadi akibat kondisi jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Selain itu, penyakit ini juga disebabkan karena hemoglobin di dalam sel darah merah tidak cukup, sehingga hal ini dapat menjadikan tubuh tidak mendapatkan cukup darah.

Akan tetapi jangan khawatir, sebab penyakit anemia bisa dicegah dengan mengonsumsi buah naga. Pasalnya, buah naga mengandung zat besi yang dapat membuat kadar hemoglobin meningkat, sehingga hal ini sangat baik bagi penderita anemia.

Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan yang dapat memproduksi darah merah, sehingga hal ini dapat membantu oksigenasi.

2 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

kotor

womens9.com

Buah naga juga sangat cocok untuk orang yang memiliki masalah kesehatan mata. Pasalnya, buah naga dapat membantu menghambat pertumbuhan sitokrom P450 manusia.

Selain itu, kandungan beta-karoten dalam buah naga juga dapat mencegah degenerasi makula, sehingga akan melindungi mata dari berbagai macam gangguan berbahaya. Cukup dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, maka kesehatan mata kamu akan selalu terjaga.

3 dari 8 halaman

Menurunkan Risiko Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh sebab itu sudah seharusnya penyakit ini dicegah.

Salah satu hal yang cukup mudah untuk mencegah penyakit itu dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan adanya radikal bebas.

4 dari 8 halaman

Mengatasi Penyakit Asma

napas

www.wikihow.com

Buah naga juga dipercaya dapat mengatasi penyakit asma. Kandungan vitamin B3 pada buah naga sangat baik untuk meredakan asma.

Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat mencegah dan mengatasi penyakit yang ditandai dengan gangguan pernafasan ini.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus mengonsumsi buah ini secara rutin. Tentu saja hal ini harus kamu imbangi dengan pola hidup sehat.

5 dari 8 halaman

Mencegah Obesitas

Buat kamu yang memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya rutin mengonsumsi buah naga. Pasalnya, buah naga memiliki kandungan protein tinggi serta rendah lemak, juga karbohidrat yang sangat baik untuk mencegah obesitas.

Sehingga buah ini sangat cocok untuk kamu konsumsi saat menjalankan program diet. Tentu saja hal ini harus kamu imbangi dengan pola hidup sehat, seperti olahraga dan menjaga pola makan.

6 dari 8 halaman

Meningkatkan Stamina

012 siti rutmawati

pcwallart.com

Saat kamu merasa lemas dan lesu, cobalah untuk mengonsumsi buah naga. Pasalnya, kandungan vitamin di dalam buah naga dapat meningkatkan stamina dan dapat membuat kamu lebih semangat saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, buah naga juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit.

7 dari 8 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

ilustrasi penyakit jantung

2013 Merdeka.com/Shutterstock/guoxiangphoto

Penyakit jantung juga menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh sebab itu pencegahannya harus terus dilakukan sejak dini. Cara pencegahan yang paling mudah yaitu dengan mengonsumsi buah naga.

Pasalnya buah naga memiliki kandungan phytochemical captin yang dapat menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur dan mengimbangi dengan pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari penyakit jantung yang mematikan ini.

8 dari 8 halaman

Memperkuat Imunitas Tubuh

Buah naga mengandung vitamin C hingga kareotonid yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Sehingga hal ini dapat menangkal radikal bebas serta mencegah infeksi bakteri serta virus masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan ini juga diperlukan tubuh untuk melindungi sel darah putih dari ancaman bahaya.

Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat memperkuat imunitas tubuh. Sehingga kesehatan tubuh akan terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5